Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Nasihat untuk Menantu, Jangan Hanya Peduli Pasanganmu

21 Agustus 2021   10:35 Diperbarui: 21 Agustus 2021   10:45 523 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.bustle.com/

Dalam kehidupan pernikahan, Anda tidak hanya menjalin ikatan cinta dan kasih sayang antara dua insan. Dunia akan sempit jika pernikahan hanyalah menjalin ikatan antara dua insan. Pernikahan harus dipahami sebagai projek pembangunan peradaban, yang merajut potensi banyak insan.

Ada tugas kemanusiaan untuk saling terhubung satu dengan yang lain, terlebih karena adanya ikatan pernikahan. Dua keluarga besar telah terajut, dua sistem keluarga telah terhubung, dan dengan cara itu hubungan kekerabatan menjadi semakin kuat terikat.

Terima Mertua Anda

Salah satu nasihat penting bagi para menantu adalah, terimalah mertua Anda. Dalam menikah, Anda tidak hanya peduli dengan suami atau istri Anda. Pernikahan membuat Anda harus mampu menerima mertua dan menghormatinya sebagaimana penghormatan Anda kepada orangtua.

Seberapa besar cinta dan kasih Anda kepada pasangan, tidak akan cukup menghadirkan kebahagiaan dalam kehidupan pernikahan. Bagaimana rasanya dimusuhi atau ditolak oleh mertua? Pasti sangat menyakitkan hati.

Untuk itu, sebagai menantu Anda harus mampu menerima mertua. Seperti apapun kondisinya, mereka adalah orangtua dari pasangan Anda. Mungkin mereka tidak berpendidikan, mungkin mereka tidak mapan, mungkin tak punya jabatan. Namun sebagai mertua, mereka sangat berhak untuk mendapatkan penerimaan dan pemuliaan.

Kasihi Mertua Anda

Bukan hanya sekedar menerima, Anda juga harus menumbuhkan cinta kasih kepada mertua. Ada teladan muia dari Nabi saw. Beliau sangat mencintai Aisyah, namun beliau juga mencintai ayah Aisyah.

Sahabat Amru bin Ash r.a. pernah bertanya kepada Rasulullah saw, "Siapakah orang yang paling Anda cintai?"

"Aisyah," jawab beliau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan