Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Penulis Buku Wonderful Family Series

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Konsultan di "Rumah Keluarga Indonesia" (RKI) dan "Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Benarkah Ada Trik Penipuan Oknum SPBU Saat Mengisi BBM ?

9 November 2011   05:50 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:53 2163 1 3

[caption id="attachment_147696" align="aligncenter" width="560" caption="gambar pinjam Google"][/caption]

Sebenarnya saya sudah sering mendengar berita tentang kenakalan petugas SPBU saat mengisi bahan bakar di kendaraan kita. Namun selama ini saya tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang penting, dan bahkan kadang saya berpikir positif, “Jangan berburuk sangka kepada mereka”. Apalagi kita tidak bisa membuktikan kecurangannya.

Namun saya kembali tergelitik saat membaca postingan di http://forum.kompas.com tentang kenakalan oknum petugas SPBU. Menurutnya, kita harus mewaspadai ulah oknum petugas SPBU yang memainkan handle selang mesin pom bensin dengan jalan ditekan dan dilepaskan kembali.

Bagi sahabat Kompasianer yang kebetulan pemilik atau bekerja sebagai petugas SPBU, mohon diluruskan informasi ini kalau mengandung kesalahan atau kebohongan. Ini hanya upaya kehati-hatian bagi kita semua agar tidak terjebak dalam tindak penipuan berulang-ulang saat mengisi BBM untuk kendaraan kita di SPBU. Lebih tepatnya, ini adalah artikel pertanyaan, dan saya berharap akan ada pihak yang memberikan klarifikasi dengan informasi yang benar dan valid, sehingga tidak meresahkan konsumen.

Menurut postingan tersebut, para oknum petugas SPBU mengalihkan perhatian dengan cara memberikan sugesti kepada Anda agar melihat angka di mesin pom tersebut. Secara tidak sadar Anda akan melihat pergerakan angka sampai selesai. Dalam postingan yang lain, ada juga yang menyebutkan cara pengalihan perhatian ini dengan mengajak mengobrol, sehingga Anda merasa ia petugas yang ramah dan baik hati. Perhatian Anda akan tersedot untuk mengobrol tanpa memperhatikan tindakan yang dia lakukan.

Konon. itu adalah ilmu hypnotis dasar yang diterapkan oleh oknum petugas pom bensin. Sampai-sampai Anda tidak memperhatikan handle tangan yang dtekan dan dilepas kemudian ditekan dan dilepas lagi berulang-ulang saat pengisian bahan bakar tersebut.

Kenapa dia melakukan tindakan seperti itu ? Karena bahan bakar yang keluar menjadi tertahan dan masuk kembali ke dalam mesin tersebut. Hebatnya angka-angka di mesin tidak berputar balik dan pada saat selesai sesuai dengan jumlah pembelian bahan bakar, oknum petugas cepat-cepat menghentikan dengan mengunci handle tersebut.

Maka dari itu di negara maju, pengisian bahan bakar dilakukan oleh pihak pembeli / pengemudinya sendiri, yang bebas mengisi sesuai jumlah nominal yang dikehendaki, dengan menggunakan kartu seperti kartu voucher. Hal ini akan lebih memperkecil peluang tindakan kecurangan oleh oknum petugas.

Bagi Anda yang sudah mengetahui trik jahat ini, jangan mau dibodohi karyawan pom bensin tersebut, Anda harus berani mengucapkan :

“Tolong handle jangan dimainkan”.

“Tolong biarkan sampai tetes terakhir dari selang handle”.

Selang mesin tersebut lumayan panjang, konon bisa menyimpan sekitar satu sampai dua liter, belum lagi dari handle katub yang dimainkan oknum petugas.

Jika anda diajak mengobrol, layani obrolan petugas, namun sambil tetap mengawasi gerakan tangannya yang memegang selang handle. Jangan sungkan mengingatkan kalau tampak ada gerakan tangan yang mencurigakan, karena kadang merasa tidak enak mengingatkan setelah diajak mengobrol dan tampak akrab.

Tentu saja itu hanya oknum. Jika suatu saat anda diajak mengobrol oleh petugas SPBU bukan berarti ia selalu akan menipu dan mencurangi anda. Bisa jadi ia memang benar-benar orang baik dan ramah yang suka menyapa pelanggannya. Jadi, jangan selalu berpikir curiga. Ini hanya untuk kehati-hatian saja, sembari mencegah peluang terjadinya tindakan korupsi yang dilakukan oleh oknum petugas SPBU.

Waspadalah, waspadalah !!!

sumber - http://forum.kompas.com/teras/46299-beginilah-caranya-spbu-nakal-menipu-anda-saat-mengisi-bensin.html