Mohon tunggu...
Pakar Bigdata
Pakar Bigdata Mohon Tunggu... Test

Test

Selanjutnya

Tutup

Digital

Data Scientist dan Data Analis, Apa Bedanya?

14 Oktober 2019   13:00 Diperbarui: 14 Oktober 2019   13:03 79 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Data Scientist dan Data Analis, Apa Bedanya?
Sumber infografis: paques.id

Permintaan akan profesi data scientist dan data analis sedang tinggi-tingginya. Keduanya bukanlah posisi yang paling mudah untuk bisa terisi. Baik data scientist maupun analis rata-rata membutuhkan waktu 45 hari untuk dapat terisi, lima hari lebih lama daripada rata-rata pasar.

Kedua pekerjaan ini seringkali sulit untuk dibedakan, bahkan oleh mereka yang sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai data scientist. Sebenarnya apa perbedaan antara data scientist dan data analis? Keduanya bekerja dengan data, tetapi perbedaan kuncinya terletak pada apa yang mereka lakukan dengan data tersebut.

Abraham Cabangbang, Data Scientist senior di LinkedIn menjabarkan perbedaan antara data analis dan data scientist sebagai wilayah yang abu-abu. Pekerjaan yang dilakukan data analis berhubungan langsung dengan kebutuhan bisnis yang nyata, seperti apa yang diinginkan/diminta pelanggan. Sementara data scientist memiliki peran yang sedikit lebih bebas. Di LinkedIn sendiri, hal pertama yang data scientist lakukan adalah bekerja untuk membangun dashboard internal, pada dasarnya memunculkan informasi yang dilacak di bagian belakang, tetapi tidak digunakan oleh data analis karena suatu alasan; kurang siapnya infrastruktur untuk menampilkannya, misalnya, atau data tidak diproses dengan baik. Pekerjaan data scientist benar-benar bukan sesuatu yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, tetapi datang dari apa yang dibutuhkan tim analis untuk melakukan pekerjaan mereka.

Ada beberapa definisi berbeda yang ada di internet mengenai peran pekerjaan seorang data analis dan data scientist tetapi kebanyakan tidaklah baku karena organisasi yang berbeda memiliki cara berbeda untuk mendefinisikan peran pekerjaan yang berhubungan dengan big data. Sebagian besar orang berpikir bahwa data scientist hanya sebuah kata yang lebih canggih dari data analis, padahal tidaklah demikian. Data analis dan data scientist adalah dua jalur karir yang sedang banyak dicari seiring dengan hebohnya perkembangan dunia big data. Berikut adalah perbedaannya.

Data analis menyaring data dan berusaha untuk mengidentifikasi tren-tren. Apa yang dapat diceritakan dari angka-angka yang ada? Keputusan bisnis apa yang dapat dibuat berdasarkan insight yang muncul? Data analis juga membuat representasi visual, seperti chart dan grafik untuk mempresentasikan apa yang diungkapkan data dengan lebih baik.

Data scientist ahli dalam menginterpretasikan data, tetapi juga cenderung memilki kemampuan koding dan modeling matematika. Kebanyakan data scientist memegang gelar yang mumpuni, dan banyak yang memulainya dari data analis sebelum menjadi data scientist. Mereka dapat melakukan pekerjaan data analis, namun juga memahami machine learning, terampil dengan advanced programming, serta mampu menciptakan proses baru untuk data modelling. Mereka dapat bekerja dengan algoritma, model prediktif, dan lainnya.

Setelah mengidentifikasi perbedaan utama antara data analis dan data scientist, mari kita gali lebih dalam.

Pekerjaan Data Analis vs. Data Scientist

Peran pekerjaan dari seorang data scientist merupakan ketajaman bisnis yang kuat dan keterampilan visualisasi data untuk mengubah insight menjadi kisah bisnis sedangkan seorang data analis tidak diharapkan memiliki ketajaman bisnis dan keterampilan visualisasi data tingkat lanjut.

Dalam hal pengambilan data dari sumbernya, data scientist mengeksplorasi dan memeriksa data dari berbagai sumber yang terputus sedangkan data analis biasanya melihat data dari satu sumber seperti sistem CRM.

Cara kerja data analis juga berbeda dengan data scientist. Jika seorang data analis akan menyelesaikan masalah yang diberikan oleh bisnis, di sisi lain seorang data scientist akan merumuskan permasalahan yang solusinya memungkinkan untuk menguntungkan bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x