Mohon tunggu...
Humaniora

Fungsi-fungsi Komunikasi Antarbudaya

2 Februari 2016   20:13 Diperbarui: 2 Februari 2016   20:28 0 19 1 Mohon Tunggu...

Manusia merupakan makhluk sosial, oleh karena itu dia selalu ingin agar dapat bergaul atau bersama - sama dengan orang lain tanpa memandang perbedaan latar belakang sosial budaya. Untuk meningkatkan kehidupan itu bersama itu maka mereka berkomunikasi satu sama lain dengan menciptakan, memelihara relasi melalui pembagian informasi bagi pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Perhatikan tangisan bayi yang berfungsi untuk menyatakan bahwa dia sedang lapar dan membutuhkan ASI dari ibunya. Manusia berkomunikasi, termasuk komunikasi antarbudaya, karena ada tujuan dan fungsi untuk memenuhi "panggilan" relasi melalui cara menyatakan isi.

Secara umum ada empat kategori fungsi utama komunikasi, yakni :

  1. Fungsi infomasi
  2. Fungsi instruksi
  3. Persuasif
  4. Fungsi menghibur

Apabila empat fungsi utama itu diperluas maka akan ditemukan dua fungsi lain,yakni fungsi pribadi dan fungsi sosial. Fungsi pribadi komunikasi dirinci ke dalam fungsi :

  1. Menyatakan Identitas Sosial
  2. Integrasi Sosial
  3. Kognitif
  4. Fungsi Melepaskan Diri / Jalan Keluar

Sedangkan fungsi sosial terperinci atas:

  1. Fungsi Pengawasan
  2. Menghubungkan / Menjembatani
  3. Sosialisasi
  4. Menghibur
     

1. Fungsi Pribadi

Fungsi pribadi adalah fungsi - fungsi komunikasi yang ditunjukkan melalui perilaku komunikasi yang bersumber dari seorang individu.

Menyatakan Indentitas Sosial
Dalam proses komunikasi antarbudaya terdapat beberapa perilaku komunikasi individu yang digunakan untuk menyatakan identitas diri maupun identitas sosial. Perilaku itu dinyatakan melalui tindakan berbahasa baik secara verbal dan non verbal. Dari perilaku berbahasa itulah dapat diketahui asal - usul suku bangsa, agama maupun tingkat pendidkan seseorang. Contohnya orang Bugis menampilkan "badik" sebagai identitas suku yang berani dan gagah perkasa.

     b. Menyatakan Integrasi Sosial

Inti konsep integrasi sosial adalh menerima kesatuan dan persatuan antarpribadi, antarkelompok namun tetap mengakui perbedaan – perbedaan yang dimiliki oleh setiap unsur. Salah satu tujuan komunikasi adalah memberikan makna yang sama atas pesan yang dibagi antara komunikator dengan komunikan. Prinsip utama dalam proses pertukaran pesan komunikasi antarbudaya adalah : saya memperlakukan anda sebagaimana yang saya kehendaki. Dengan demikian komunikator dan komunikan dapat meningkatkan integrasi sosial atas relasi mereka.

    c. Menambah Pengetahuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x