Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Profil Peserta "Isle Of Man TT Zero" 2019

3 Juni 2019   11:24 Diperbarui: 8 Juni 2019   10:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
Profil Peserta "Isle Of Man TT Zero" 2019
dokpri

Rangkaian balap road race Isle Of Man TT 2019 (IOM TT 2019) sudah dimulai minggu lalu. Salah satu kelas yang dilombakan adalah kelas TT Zero yang merupakan kelas bagi superbike yang digerakkan motor listrik. Hasil balap belum diketahui karena ada penundaan jadwal balap akibat cuaca buruk. Jadwal resmi yang terbaru sebagai berikut : 

Berikut info beberapa peserta/motor yang berpartisipasi di kelas ini.

1. Mugen Shindend Hachi

Motor listrik prototipe buatan Mugen menjadi langganan juara ke-1 di IOM TT Zero. Pembalap yang mahir (John McGuinness dan Michael Rutter) , dana riset yang berlimpah, dukungan dari prinsipal Honda dan dukungan dari pembuat komponen performa tinggi asal Jepang (Showa/Suspensi, Maxell/Baterai), menjadi kelebihan team ini. 

Sulit untuk disaingi. Berikut foto motor Mugen Shinden Hachi. Informasinya, dibandingkan Mugen Shinden Nana 2018, tidak ada update yang significant di Hachi. Mugen fokus memperbaiki aerodinamika motor. Berikut foto-fotonya di paddock IOM TT Zero 2019

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

2. University of Nottingham/Inggris

Superbike listrik dibuat oleh satu grup mahasiswa terpilih dari Universitas Nottingham. Mereka rutin mengikuti balap IOMTT Zero ini sejak 2015. Motor mereka dinamakan Phoenix dan dibuat dengan dukungan/sponsor dari pihak swasta pembuat komponen balap atau komponen listrik ternama seperti K-Tech/Suspensi, Dymag/Velg Racing, Brembo/Rem, Wurth Electronik dll. Prestasi mereka bersama joki Daley Mathison adalah menjadi juara ke-3 di tahun 2016, 2017 dan menjadi juara ke-2 di tahun 2018.

dokpri
dokpri

3. Duffy Motorsport

Motor mereka merupakan modifikasi dari superbike listrik Brammo Empulse. Revisi mereka lakukan antara lain di baterai, suspensi dan rem, fairing untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Yang menarik adalah partner mereka, KAST Energy Technologies. Perusahaan ini membuat modul sistem pengisian baterai motor menggunakan energi dari tenaga sinar matahari/solar cell.   Tahun ini mereka menurunkan 2 buah motor.

dokpri
dokpri

iomttzero-2019-duffymotorsport-3-5cf1b32c3ba7f750e32115b9.png
iomttzero-2019-duffymotorsport-3-5cf1b32c3ba7f750e32115b9.png
Foto di atas, fairing mirip fairing Moto2 FTR

dokpri
dokpri

Foto di atas, fairing mirip punya Aprillia CRT MotoGP

dokpri
dokpri

3. University of Bath/Inggris

Motor buatan mahasiswa dari Universitas Bath didesain dan dibuat dengan dukungan dari beberapa pembuat komponen balap atau komponen listrik ternama seperti Motec/kontrol listrik, Maxton/Suspensi, EBC/Rem, Boal Engineering/Lengan ayun belakan dll. Tahun 2017, joki mereka Matthew Rees bisa finish di urutan ke-6/urutan terakhir dan mereka berharap tahun ini Matt Rees bisa finish lebih baik, minimal top speed bisa tercapai lebih tinggi dibanding model motor tahun 2017. Tahun lalu, saingan mereka dari Universitas Nottingham berhasil mencapai top speed 192 Km/jam ( Finish urutan ke-2).  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2