Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Balap

Honda Juga Melempem di World Supersport...

22 Maret 2019   00:35 Diperbarui: 22 Maret 2019   00:37 0 0 1 Mohon Tunggu...
Honda Juga Melempem di World Supersport...
World Supersport

Honda juga melempem di ajang World Supersport (WSSP) 2019 ? Juga...? Iya, juga...karena dihubungkan dengan prestasi Honda di kejuaraan World Superbike (WSBK) 2019 yang sama-sama sedang melempem. 

Kalau di WSBK HRC mulai turun tangan untuk membenahi motor, maka di WSSP belum terlihat jelas andil HRC atau belum ada team dengan full support HRC semacam team Moriwaki Althea Honda. Padahal WSBK dan WSSP adalah balap motor yang mengacu ke motor sport yang dijual ke khalayak, maka prestasi di kedua ajang tersebut akan menunjukkan performa dari motor sport yang dijual Honda ( MotoGP adalah balap motor prototipe ). 

Kira-kira, faktor apa yang menyebakan prestasi Honda memble di WSSP 2 tahun terakhir ? Faktor pertama adalah dukungan HRC masih kurang. Mengapa kurang ?   Alasannya adalah isu produk motor supersport Honda CBR 600 cc yang akan tidak dilanjutkan/diskotinyu dengan alasan semakin tidak laku, alasan konsumen di Eropa terutama lebih memilih motor supersport dengan cc yang lebih besar dan alasan regulasi batas emisi gas buang. Alasan lain adalah WSSP memang kurang menarik, kalah dengan Moto2, yang sebelumnya sama-sama memakai mesin 600 cc. Apalagi setelah Moto2 beralih ke mesin Triumph dengan cc yang lebih besar (765 cc), bakal tambah redup gaungnya. 

Jadi pengaruhya ke promosi motor sport 600 cc Honda kurang. Faktor kedua adalah tidak ada pembalap Honda yang cukup tangguh untuk bersaing mendapatkan tempat di podium. Terakhir pembalap Honda yang bisa tampil kompetitif adalah Julez Clusel/Perancis. 

Waktu itu tahun 2017, dia bergabung di team PTR Honda/CIA Lanford Insurance Honda dan berhasil menduduki posisi ke-3 klasemen akhir. Tahun 2018 dia pindah ke Yamaha dan pembalap Honda lain belum bisa menyamai Cluzel. Ini foto Cluzed di musim 2017 lalu

Tahun ini Honda diwakili oleh team PTR Honda/ CIA Lanford Insurance Honda, team MPM WILSport Racedays, dan team Gemar Honda. Dari ketiga team tersebut, mengacu ke hasil 2 seri pertama WSSP 2019, maka pembalap Honda yang paling tangguh adalah Hannes Soomer/Estonia dari team PTR Honda. 

Foto Pribadi
Foto Pribadi
Foto Pribadi
Foto Pribadi
Bila Honda ingin meingkatkan prestasi di WSSP 2019 ini, minimal salah satu customer team mereka harus memakai jasa pembalap berpengalaman dan terbukti cepat seperti Matia Passini. Saat ini dia sedang menganggur. Atau Dimas Ekky....!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x