Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Teacherpreneur, Pujangga Emas Curup

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: Gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tiga Masjid Favorit, Aku Singgahi Ketika Melintasi Tiga Kabupaten

30 April 2021   22:15 Diperbarui: 1 Mei 2021   00:39 763 34 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Masjid Favorit, Aku Singgahi Ketika Melintasi Tiga Kabupaten
Masjid Agung Baitul Hikmah, Kepahiang, Bengkulu. Dok. Ozy V. Alandika

Dalam melanjutkan pendidikan, aku berkelana pulang-pergi melintasi tiga kabupaten di provinsi Bengkulu. Darinya, ada tiga masjid singgah yang selalu kuhampiri setiap kali bepergian.

Bukan tanpa alasan, sejatinya salah satu pertimbangan mengapa aku memilih perguruan tinggi yang cukup jauh dari rumah ialah karena akreditasinya yang sudah A.

Sesungguhnya di kabupatenku sendiri juga sudah ada kampus, hanya saja pada tahun 2018 lalu akreditasinya belum terbit alias masih dalam masa pengajuan.

Aku tak ingin mengambil risiko lebih. Tambah lagi di tahun 2018 aku masih bekerja sebagai guru honorer di sebuah SMP Negeri yang berjarak 10 KM dari rumahku.

Alhasil, aku agak nekat memilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan di IAIN Bengkulu yang sebentar lagi bakal berganti nama menjadi UIN Fatmawati-Soekarno.

Dan ternyata, akhir-akhir ini kenekatan tersebut sedang menghadapi ujian terbesarnya. Iya, semenjak kembali aktif kuliah sejak awal Maret 2021 kemarin ---sebelumnya sempat cuti selama satu tahun--- aku sangat sering pulang-pergi Curup-Bengkulu.

Bahkan, dalam dua hari terakhir ini saja aku selalu berbuka puasa di tengah perjalanan dilanjutkan dengan ibadah. Sesudahnya, barulah aku pulang ke rumah sembari meluangkan waktu untuk menulis di Kompasiana. Kira-kira jam 21.00-21.30 WIB aku baru tiba di rumah.

Apakah aku tidak capek? Sebenarnya sih, capek. Tapi biar bagaimanapun, capek yang kurasakan hari ini adalah konsekuensi dari niatku di jelang akhir tahun 2018, kan?

Begitulah. Sebagai konsekuensi lainnya, pada bulan Ramadan tahun ini aku malah lebih sering mampir di tiga masjid singgah pada tiga kabupaten yang berbeda.

Terkadang aku mampir salat Zuhur di masjid pertama, salat Ashar di masjid kedua, dan berbuka puasa di masjid ketiga. Semua kegiatan tersebut memiliki pola, tergantung pada jam berapa aku berangkat dari rumah. Adapun tiga masjid yang kumaksud, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x