Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pencinta Tilawah

Seorang pemuda sederhana yang sedang mengabdi sebagai guru SD di Kepahiang. Saat ini masih menetap di Kota Curup (Bengkulu). Asli Tun Jang (Suku Rejang). Selalu menanam harapan walau kemarau panjang. Singgah ke: www.ozyalandika.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Dear Guru, Inilah 3 Prinsip Motivasi Belajar yang Perlu Kita Ketahui

26 September 2020   20:38 Diperbarui: 29 September 2020   12:10 1173 54 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Guru, Inilah 3 Prinsip Motivasi Belajar yang Perlu Kita Ketahui
Pentingnya Memahami prinsip motivasi belajar siswa. Gambar oleh 14995841 dari Pixabay

"Belajar tanpa adanya motivasi, memang bisa?"

Bohong besar agaknya bila ada guru maupun siswa yang berkoar-koar bahwa belajar itu tak butuh motivasi. Jangankan soal belajar, kegiatan tidur pada malam hari saja perlu dimotivasi oleh rasa kantuk. Bahkan, saking ngebetnya mau tidur, seseorang rela tak minum kopi di malam hari.

Dan saya kira, aktivitas belajar siswa juga demikian. Entah sistem belajarnya daring maupun luring, siswa tetap butuh motivasi untuk belajar. Seorang siswa mungkin punya minat yang menggunung, tapi tanpa adanya motivasi, minat tadi akan susah meletus dan berapi-api.

Lha, memangnya motivasi itu apa?

Menilik dari KBBI, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Karena konteks pada tulisan ini adalah belajar, maka tujuan dari dorongan alias motivasi adalah, agar anak rela untuk belajar.

Tapi, jangan salah! Tidak semua orang mampu memberikan motivasi yang "ngena" kepada orang lain. Guru juga begitu. Tidak semua guru mampu mendorong siswanya untuk mencintai kegiatan belajar. Mengapa demikian?

Memotivasi itu tak selalu merupakan perkara receh karena yang dilibatkan adalah unsur jiwa dan raga. Maka dari itu, sebagai seorang guru, kita perlu untuk mengenal terlebih dahulu seperti apa prinsip-prinsip motivasi belajar siswa.

Kalau sudah kenal, barulah kemudian guru bisa memilih strategi yang tepat untuk memotivasi siswanya demi kesuksesan pembelajaran. Apa saja prinsipnya?

Kebetulan jelang tamat S1 kemarin saya sempat meracik skripsi tentang motivasi belajar. Jadi, saya bagikan saja di sini, ya.

Pertama, Motivasi adalah Mesin Penggerak Kegiatan Belajar

Ketika kita datang ke sebuah bengkel untuk memompa ban kendaraan di pagi hari, biasanya salah seorang montir akan menyalakan mesin kompresor angin terlebih dahulu.

Terang saja, kompresor yang belum panas terkadang tak mau memancarkan angin sehingga mesinnya harus dinyalakan dan dibiarkan terus hidup selama beberapa menit.

Ilustrasi air compressor. Gambar oleh Dean Moriarty dari Pixabay 
Ilustrasi air compressor. Gambar oleh Dean Moriarty dari Pixabay 

Kompresornya memang akan menghasilkan angin. Tetapi, tanpa ada kinerja dari mesin penggerak, maka angin yang diharapkan tak akan keluar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN