Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pecinta Tilawah

Selalu menanam harapan walau kemarau panjang.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kalah 2-3 dari Malaysia, Indonesia Harus Tetap Optimis!

5 September 2019   21:37 Diperbarui: 5 September 2019   21:57 0 11 5 Mohon Tunggu...
Kalah 2-3 dari Malaysia, Indonesia Harus Tetap Optimis!
Alberto Goncalves dkk merayakan gol pada pertandingan persahabatan melawan Vanuatu pada Sabtu (15/6/2019). (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 2-3 pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kamis (05/09/2019) malam.

Bertajuk Derby Melayu, timnas Indonesia dan Malaysia telah menyiapkan amunisi terbaik mereka. Indonesia walau berbekal banyak pemain tua dan naturalisasi tetap mengusung optimisme besar untuk memenangkan pertandingan. Terlebih lagi, Simon Mcmenemy juga membawa pemain-pemain muda seperti Saddil Ramdani dan Irfan Jaya yang  juga difavoritkan mengisi starting line up.

Dari masa ke masa, pertandingan Melawan Malaysia selalu menarik. Tiga poin akan sangat penting untuk Indonesia yang sejatinya berada pada grup yang cukup sulit. Seperti diketahui, pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Round 2, Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Malaysia, Thailand, UEA, dan Vietnam.

Pernyataan serupa juga disampaikan Mcmenemy sehari sebelum laga:
"Kedua tim bertarung satu sama lain tak hanya untuk poin, tapi untuk negara mereka, kebanggaan untuk negara ini". Pssi.org
kemenangan akan memudahkan jalan Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Jalannya Pertandingan Babak 1

Bertanding sebagai tuan rumah, timnas Indonesia memulai laga dengan tempo relatif sedang. Indonesia langsung mendapat peluang pertama pada menit 4, lewat pergerakan Stefano Lilipaly yang lepas dari posisi Offside, sayang operannya lebih dulu dipotong oleh kiper Malaysia.

Meski terus mendapat pressing ketat, akhirnya Indonesia mendapat gol pertama pada menit 11. Berawal dari terobosan cantik Saddil Ramdani, Alberto Goncalves berhasil menceploskan bola dengan mulus ke gawang Malaysia. Skor 1-0 untuk Indonesia. Unggul sementara membuat pasukan garuda meningkatkan tempo. Beberapa kali pergerakan cepat Andik Vermansyah membahayakan pertahanan Malaysia.

Menit 27, Indonesia kembali mendapat peluang lewat tendangan Andik Vermansyah. Sayang tendangannya masih menyamping di kanan gawang Malaysia. Tak mau kalah, Malaysia mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas Safawi Rasyid. Beruntung tendangannya masih menyamping di kanan gawang Indonesia yang dijaga Andritany.

Pada menit 37, Indonesia kebobolan lewat aksi pemain Malaysia yang baru masuk. Adalah Mohamadou Sumareh, yang melepaskan tendangan menyilang ke pojok kiri gawang Indonesia. Skor imbang 1-1.

Indonesia akhirnya kembali unggul pada menit 38 lewat gol cantik Beto Goncalves dari luar kotak penalti. 2-1 untuk Indonesia. Sontak saja, Malaysia yang semakin panas mulai keluar menyerang. Menit 40, Andritany melakukan super save dan mengamankan gawang Indonesia dari kebobolan. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol tambahan tercipta. Skor sementara tetap 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2