Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Plaza Kolam Makale, Destinasi Wisata Gratis di Pusat Tana Toraja

2 Februari 2024   17:35 Diperbarui: 3 Februari 2024   06:55 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Plaza Kolam Makale di sore hari. Sumber: dok. pribadi

Kabupaten Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan sejak dulu sudah dikenal sebagai tujuan wisata dengan suguhan utama keindahan panorama alam dan kegiatan budaya. Pada umumnya spot-spot wisata andalan, primadona dan ikonik di Tana Toraja letaknya ada di pinggiran kota dan pedesaan. 

Tempat wisata adalah salah satu penyumbang pendapatan asli daerah di Tana Toraja. Dengan demikian, hampir semua spot wisata yang ada, khususnya yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, Bumdes dan swasta memasang tarif bagi pengunjung. 

Spot wisata ikonik Tana Toraja saat ini adalah Patung Yesus di Buntu Burake. Letaknya di pinggiran kota, tepatnya bagian timur kota Makale. Berjarak sekitar 2 km dari pusat kota. 

Patung Yesus dilihat dari arah terminal bus Makale. Sumber: dok. pribadi. 
Patung Yesus dilihat dari arah terminal bus Makale. Sumber: dok. pribadi. 

Namun, ada destinasi wisata yang sanggup memanjakan mata dengan tarif nol rupiah yang berada tepat di pusat Kabupaten Tana Toraja. Tempat ini telah populer dengan nama Plaza Kolam Makale. Tak perlu bayar tiket atau retribusi untuk menikmati suasana pagi, sore dan malam hari di sini. 

Plaza Kolam Makale adalah pusat keramaian warga Tana Toraja yang mendiami sekitar kota Makale. Dan dapat pula dikatakan sebagai satu-satunya tempat bagi warga kota Makale untuk berkumpul setiap hari. 

Jika datang dari arah Makassar, maka Plaza Kolam Makale akan menyambut semua pendatang di Tana Toraja. Kendaraan akan memutari plaza sebelum menuju ke Provinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten Toraja Utara. 

Plaza Kolam Makale menawarkan pemandangan suasana kolam buatan seukuran setengah lapangan bola. Hanya saja air mancurnya tidak menyerupai Plaza Indonesia karena tidak beroperasi disebabkan ketidakmampuan daya listrik.

Di tengah kolam Makale berdiri kokoh tokoh legenda orang Toraja, Lakipadada. Nama inilah yang disematkan kepada rumah sakit terbesar di Tana Toraja, yakni RSUD Lakipadada. 

Di bagian utara plaza disuguhkan restoran, cafe, kantor POS, kompleks kantor DPRD Kabupaten Tana Toraja, dan Patung Pahlawan Pongtiku. Pada bagian timur ada polantas Polres, Gereja Katolik Santa Perawan Maria Makale, dan Pasar Seni. Di bagian selatan berdiri megah kampus Universitas Kristen Indonesia Toraja, SD Kristen Makale 1, dan Gereja Toraja Jemaat Sion Makale 1. Di bagian barat berhadapan langsung dengan rumah dinas wakil bupati, kompleks BRI Makale, kantor veteran, dan rumah dinas Kepala Kejaksaan Negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun