Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Comeback Sempurna Manchester City dan Rekor Erling Haaland di Liga Champions Eropa

29 November 2023   08:06 Diperbarui: 29 November 2023   10:04 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Erling Haaland dan Julian Alvarez merayakan gol Man City ke gawang Leipzig. Sumber: @ManCity

What a comeback! Ungkapan sempurna untuk penampilan Manchester City yang luar biasa pada matchday kelima Liga Champions Eropa. Menghadapi RB Leipzig pada laga yang tidak menentukan lagi, tim yang dimanajeri Pep Guardiola membuktikan kapasitas mental juara bertahan. 

Pada pertandingan yang berlangsung di Etihad Stadium (29/11/2023) dini hari waktu Indonesia, Manchester City sukses membalikkan ketertinggalan 0-2 dari Leipzig.

Di babak pertama, tim tamu Leipzig memimpin 0-2. Dwi gol Leipzig dicetak oleh striker Lois Openda, masing-masing pada menit ke-13 dan 35. Gol pertama Openda tercipta ketika pemain ini memanfaatkan umpan lambung dari kiper Leipzig, Janis Blaswich. Setelah meneriman umpan lambung, Solo run Openda mampu memperdaya pertahanan Man City. Situasi yang mirip dilakukan oleh Openda pada gol kedua. Usai menerima bola sodoran gelandang Xavi Simons, Openda memenangi perebutan bola di garis tengah lapangan, Openda melakukan solo run yang kembali menaklukkan dua bek Man City. Stefan Ortega yang kali ini menjadi palang pintu terakhir Man City hanya mampu menengok bola yang meluncur deras ke gawangnya.

Babak pertama usai dengan keunggulan 0-2 buat Leipzig. Catatan penting di babak pertama adalah pertahanan Man City kurang bagus. Terlalu maju ke zona penyerangan sehingga dua kali bisa ditembus Openda.

Di babak kedua, manajer Pep Guardiola mengubah skema permainannya. Man City yang unggul kolektifitas bola mulai melakukan serangan-serangan sporadis ke pertahanan Leipzig. Titik klimaks serangan Man City bermula ketika Erling Haaland memimpin rekan-rekannya untuk membalikkan keadaan. Haaland mencetak gol balasan pertama Man City pada menit ke-54. Gol ini tercipta melalui andil Phil Foden. Assistnya yang manja dijadikan gol oleh Haaland yang memanfaatkan kecepatan larinya menembus jebakan offside pertahanan Leipzig.

Gol kedua Man City dicetak oleh Phil Foden pada menit ke-70. Gol ini tak kalah indahnya dengan dua gol Lois Openda. Umpan matang J. Gvardiol dalam kota penalti Leipzig dikonversinya menjadi gol yang mengecoh kiper Leipzig lewat skema nutmeg.

Skor imbang 2-2 makin membuat Haaland dkk bersemangat untuk mencetak gol kemenangan. Julian Alvarez kemudian menjadi pahlawan kemenangan Man City lewat golnya pada menit ke-87. Aksi dribling-nya dalam kotak penalti lawan tak terbendung hingga berhasil mencetak gol.

Sisa waktu babak kedua dan injury time tak mampu dimanfaatkan oleh Leipzig untuk menyamakan kedudukan. Skor akhir pun 3-2 untuk kemenangan tuan rumah Man City.

Meskipun Leipzig kalah, namun tidak berpengaruh lagi pada kelolosan Leipzig ke babak 16 besar. Man City dan Leipzig telah memastikan langkah ke babak sebelumnya setelah matchday keempat sebelumnya.

Man of The Match jatuh ke tangan Phil Foden. Penghargaan ini layak baginya yang membuat satu umpan dan mencetak satu gol untuk Manchester City.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun