Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Pertandingan Maroko U-17 Melawan Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17

16 November 2023   21:08 Diperbarui: 16 November 2023   21:15 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: tangkapan layar NEX PARABOLA/VIDIO

Laga penentuan yang sangat penting dilakoni tim nasional Indonesia U-17 melawan timnas Maroko U-17 di partai ketiga penyisihan grup A Piala Dunia U-17. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo adalah partai hidup mati kedua tim. Satu-satunya cara untuk lolos ke perempat final adalah menang. Maroko memenangkan laga ini dengan skor 3-1.  Indonesia harus menunggu hasil pertandingan dari 4 grup lainnya untuk mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 dari jatah peringkat tiga terbaik.

Indonesia menekan lawan di 10 menit awal babak pertama. Garuda Muda kemudian memiliki peluang emas di menit ke-5 lewat tendangan keras Kaka dari sudut sempit. Setelah itu, Maroko yang mengacak pertahanan Garuda Muda.

Tekanan keras pertama diterima Indonesia pada menit ke-15 dari tendangan keras pemain bernomor punggung 17 Maroko, H. Maali.

Memasuki menit ke-26, Maroko mendapatkan hadiah penalti usai dilanggar dengan keras di dalam kotak penalti.

Maroko lalu unggul 1-0 lewat titik putih pada menit ke-29. Pemain bernomor punggung 7 Maroko, Anas Alaoui sukses menembus gawang Indonesia meskipun kiper Al Giffari mampu membaca arah bola. Tembakan menyusur tanah dari Allaoui meluncur tak mampu dijangkau.

Maroko menggandakan keunggulan di menit ke-38 lewat sundulan kapten Maroko, Abdelhamid Ait Boudlal. Kawalan pemain Indonesia tidak maksimal di momen  ini. Boudlal berdiri bebas di belakang 5 pemain berkostum putih-putih Indonesia.

Pada menit ke-42, sebuah tendangan bebas cantik pemain bernomor punggung 17, M. Nabil Asyura membawa Indonesia memperkecil skor menjadi 2-1. Tendangan kerasnya meluncur mulus ke gawang Maroko yang dijaga T. Berhozil.

Maroko menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1. Dominasi Maroko terlihat jelas dari penguasaan bola hingga 63 persen. Sementara shot on goal juga didominasi Maroko. 

Di babak kedua, permaian Indonesia kembali bisa mengimbangi Maroko. Bahkan pada menit ke-56, tendangan bebas Zidan mengancam gawang Maroko, namun mengenai tangan salah satu pemain Maroko. Dua menit kemudian VAR diperiksa. Terlihar jelas dalam tayangan ulang bahwa pemain  Maroko handball. Setelah berkonsultasi sejenak, wasit asal Denmark memutuskan tidak ada pelanggaran. Tidak ada hadiah penalti untuk Indonesia. Momentum permainan Indonesia terhenti di sini Skor tetap 2-1 untuk Maroko.

Welber sempat mendapatkan peluang emas lewat tendangan keras di depan gawang Maroko pada menit ke-63. Sayang sekali melebar tipis di samping gawang lawan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun