Mohon tunggu...
Wening AnggoroRatri
Wening AnggoroRatri Mohon Tunggu... hanya penulis biasa

#studytillwedie

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berbagi di Tengah Pandemi, Mahasiswa FKIP UHAMKA Bagikan Sembako Kepada Bu Siti

24 Januari 2021   01:10 Diperbarui: 24 Januari 2021   01:40 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi di Tengah Pandemi, Mahasiswa FKIP UHAMKA Bagikan Sembako Kepada Bu Siti
Foto: Dokumentasi Pribadi

Bantu meringankan beban Bu Siti Salawiyah (50) ditengah pandemi - Bu Siti (50) merupakan salah satu dari banyaknya masyarakat Indonesia yang terkena dampak Covid-19. Dimana usianya saat ini yang terbilang renta sehingga mudah untuk terjangkit penyakit. Kegiatan Bu Siti (50) sebelum dan saat pandemi ini berdagang, beliau tinggal bersama kedua adiknya, belum berkelurga dan mencari nafkah sendiri. Saat ini adiknya yang terakhirpun diPHK dari perusahaannya, kegiatannya membantu Bu Siti saja.

"Biasanya saya dagang, cuma hari ini libur dulu karena modal hampir habis dan enggak kuat kerja lama-lama karena sakit. Sudah 2 tahun saya stroke dan biaya pengobatan hanya dari hasil dagang. jadi kalo modal habis saya ga berobat. Udah setahun ini juga saya ga berobat, krna ga cukup dan adik terakhir saya habis diPHK." Ujar Bu Siti (50) pada sabtu 9 Januari 2021.

Bu Siti yang saat ini terkena stroke perlahan memulih walaupun tidak dapat kontrol lagi dan mudah lelah saat bekerja. Beliau menjemur dan mengkompres wajah,tangan serta kakinya yang terkena stroke dengan air hangat.

"Harapannya saya bisa berobat juga supaya badan saya bisa ke kontrol terus, entah makin baik atau badan saya drop jadi saya tau."Ujar Bu Siti (50)

Tinggal bersama kedua adiknya tepatnya dirumah orang tua yang sudah meninggal di Jakarta Pusat. Berdagang jajanan kecil juga gorengan yang sudah 40 tahun beliau geluti bidang niaga ini. Tidak tamat SD, namun dapat membantu adik-adiknya sekolah sampai selesai. Usia hanya angka menurutnya, semangat juang walau sakit bukan hambatan untuk Bu Siti (50).

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Dalam Al-Qur'an Surah Al-Hadid : 7 ada keutamaan bagi orang-orang yang saling berbagi satu sama lain, terjemah ayatnya berbunyi :

"Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar."

9 Januari 2021,kami Mahasiswa FKIP UHAMKA mengunjungi rumah beliau sekaligus sillahturrahmi. Kunjungan yang tidak disangka Bu Siti (50), membuat beliau berkaca-kaca penuh haru. Sembako, jajanan untuk warung dan uang tunai untuk pengobatan kami dapat dari hasil galang dana pada November 2020 - Januari 2021. Selama 3 bulan uang untuk Bu Siti terkumpul Rp.2.350.000.- dari donatur-donatur yang sangat bermurah hati untuk membantu.

"Terimakasih adik-adik semua sudah bantu saya, semoga bisa sekolah sampai jenjang yang tinggi, jadi orang sukses semua, tidak patah semangat. Semoga semuanya berkah untuk kita semua." Ujar Bu Siti (50) yang tak kuasa menahan air matanya.

VIDEO PILIHAN