Mohon tunggu...
Oshferlia Rucmana Saud
Oshferlia Rucmana Saud Mohon Tunggu... Mahasiswa - Keep Doing

Mahasiswi Fakultas Kehutanan Unmul

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pelaksanaan Program Penghijauan Lingkungan oleh Mahasiswa KKN Angkatan 47 Unmul di Kelurahan Sempaja Barat

26 Juli 2021   06:51 Diperbarui: 26 Juli 2021   07:49 277 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan Program Penghijauan Lingkungan oleh Mahasiswa KKN Angkatan 47 Unmul di Kelurahan Sempaja Barat
Penanman Bibit Pohon secara Simbolis oleh Lurah Sempaja Barat, Bapak  Fahmi Fakhrozy, SE.,M.Si dan Ketua RT.05 Kel. Sempaja Barat, Bapak Hariyadi/dokpri

Dokumentasi Kegiatan pada Lokasi Penghijauan
Dokumentasi Kegiatan pada Lokasi Penghijauan

Baru-baru ini, tepatnya pada hari Minggu tanggal 25  Juli 2021  mahasiswa KKN Angkatan 47 Unmul melakukan kegiatan Penghijauan Lingkungan  di RT. 05 Kelurahan Sempaja Barat sebagai upaya dalam mengurangi pemanasan global dan menciptakan kelestarian lingkungan. (25/07/2021)

Pemanasan global bukan merupakan isu yang baru dikalangan masyarakat, naiknya suhu, tak tentunya cuaca, berkurangny a lahan hutan, dan lain sebagainya dampak dari rumah kaca, sedang dan terus terjadi memaksa manusia untuk segera bersiap menghadapi serta senantiasa berusaha paling tidak untuk mengurangi dampak itu.

RT.05, Kelurahan Sempaja Barat merupakan salah satu RT yang memiliki kawasan yang sejuk dan lingkungan yang asri dan sering menjuarai dalam lomba-lomba bertemakan lingkungan. Reputasi ini membuat mahasiswa KKN Angkatan 47 Unmul membantu RT. 05 Kelurahan Sempaja Barat mewujudkan kelestarian lingkungannya, salah satu caranya ialah memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan lingkungan demi terciptanya lingkungan yang bersih, sejuk, asri dan nyaman.

Pemanfaatan lahan kosong dilakukan melalui usaha penanam bibit tumbuhan pada lahan pekarangan ataupun lahan kosong lainnya yang belum termanfaatkan, dimana lahan tersebut berada pada persimpangan yang dilewati oleh masyarakat sekitar dan orang yang  berkunjung ke RT. 05 Kelurahan Sempaja Barat.

Dokumentaasi Pengambilan Bibit Tanaman di Persemaian Permanen KM 47
Dokumentaasi Pengambilan Bibit Tanaman di Persemaian Permanen KM 47

Bibit tanaman diperoleh dari Balai Pengelolaan Daerah Alirah Sungai-Hutan Lindung Mahakam Berau yang berlokasi di Persemaian Permanen KM 47, Samboja. Pengambilan bibit mudah dan cepat. Bibit tidak diperjual belikan dan gratis guna mendukung program pemerintah khususnya KLHK yaitu menanam 25 pohon setiap orang.

Kegiatan penghijauan ini dimulai dengan penanman bibit pohon secara simbolis oleh Lurah Sempaja Barat, Bapak  Fahmi Fakhrozy, SE.,M.Si dan Ketua RT.05 Kel. Sempaja Barat, Bapak H. Hariyadi dan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara bersama-sama oleh perangkat RT dan beberapa warga RT.05 Kelurahan Sempaja Barat. (25/07/2021).

Pada pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi beberapa bagian, ada yang membuat lubang tanam, ada yang menanam bibit dan memberi pupuk serta membersihkan lahan area penanaman.

Meskipun kegiatan penghijauan dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dan ditengah PPKM Mikro (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Kota Samarinda. Hal ini tidak menurunkan semangat dan jiwa gotong royong dari warga RT.05 Kelurahan Sempaja Barat. Warga sangat antusias ikut serta dalam kegiatan penghijauan dan tentunya tetap  mematuhi protokol kesehatan yang  ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN