Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Konsultan - Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

http://jappy.8m.net

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Serial Lansia: Pruritus dan Penggaruk Punggung

6 Juli 2022   13:53 Diperbarui: 6 Juli 2022   14:02 155 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penggaruk Punggung | Dokpri

Srengseng Sawah, Jakarta Selatan | Harus diakui bahwa sebagai Lansia, saya sudah mengalami sejumlah ciri lansia seperti buku teks yang dipelajari puluhan tahun yang lalu.

Namun, saya juga setuju dengan berbagai pendapat bahwa, tak semua ciri-ciri tersebut tepat, kecuali mengalami sendiri. Salah satu ciri tersebut adalah kulit gatal, terutama pada punggung, akibat perubahan kualitas kulit dan berbagai akibat penyakit lainnya.

Mengenal Pruritus

Pruritus atau gatal-gatal pada kulit pada Lansia, merupakan hal yang wajar sebagai akibat penurunan dan perubahan kualitas fisik; itu sesuatu yang alami. Walau ada juga kasus penyebab seperti penyakit kulit, keriput, terkena virus, pakaian kurang bersih atau ada zat kimia yang tersisa (jika gunakan jasa laundry), dan lain-lain.

Umumnya, penyebab gatal-gatal pada kulit Lansia antara lain, (i) kulit tidak lagi mendapat cairan yang cukup, (ii) kurang minum atau konsumsi makana cair, (iii) penurunan imun tubuh, (iv) lapisan lemak di bawah kulit berkurang, (v) dampak penyakit lain, (vi) terkena debu, virus, serbuk dari tumbuhan, atau pun kutu dari hewan peliharaan.

Mencegah dan Mengobati

Gatal-gatal pada kulit, sebetulnya gejala sederhana, remeh, dan tidak mengganggu kesehatan Lansia; kecuali jika penyebabnya adala penyakit lainnya dalam tubuh.

Walau seperti itu, gatal-gatal pada kulit, terutama di punggung, bisa sangat tidak menyenangkan, merepotkan, plus menjengkelkan jika muncul pada saat yang tak pas. Misalnya, saat kenakan pakaian resmi (seperti jas dasi) waktu meeting atau pesta, tiba-tiba punggung gatal. "Mau buat coba!?"

Obat termudah untuk kulit gatal adalah garuk atau menggaruk serta bedak anti gatal. Itu jika di area yang bisa terjangkau tangan. Tapi, bagaimana jika gatal di punggung?

Gatal di punggung, itu yang sering Lansia, termasuk saya, alami, serta menjadi problem. Gatal, ya garuk! Gampangnya begitu. Tapi, Lansia umumnya tidak bisa mengatasi punggung gatal dengan cara garuk atau menggaruk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan