Mohon tunggu...
onny dripidha martha putranto
onny dripidha martha putranto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Creator dan Petugas Pengolah data Dari Salah satu Program Kementrian Republik Indonesia

Saya memiliki Hobi Otomotif dan Membaca Buku, saya suka melakukan eksperimen positif dan berbagi pengetahuan dan pengalaman saya secara online. Sebelumnya saya aktif menulis di Personal Blog saya di http://www.onnyputranto.com.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

6 Mobil Tua Murah Rekomendasi untuk Dibeli, Cocok bagi Pemula

17 September 2022   17:49 Diperbarui: 17 September 2022   17:54 469 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 Tampak Samping (dokpri)

Assalamualaikum wr.wb, alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya masih diberi kesempatan untuk menulis sebuah artikel otomotif yang sifatnya sharing berdasar pengalaman pribadi saya. Artikel ini sangat cocok ditujukan untuk anda yang ingin membeli mobil murah pertama kali. 

Mobil dengan harga murah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, Murah atau mahalnya suatu mobil dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, usia mobil (Tahun pembuatan mobil), ketersediaan spare part, harga spare part, lokasi samsat pajak, hidup atau tidaknya pajak, spesifikasi mesin, tampilan mobil, fitur mobil, dan yang terakhir banyak atau tidaknya penggemar tipe mobil tersebut. 

Sebelum melangkah ke topik utama, ada pesan dari saya sebelum membeli mobil tua dengan harga murah yaitu, "Mobil itu fungsi utamanya untuk alat transportasi, bukan untuk gengsi, memiliki mobil untuk mempermudah pekerjaan kita, bukan untuk menambah masalah kita, jadi bijaklah dalam memilih mobil tua/murah sebelum membeli, pelajari dulu spesifikasi, fitur, kelemahan, dan kelebihannya sebelum membeli". Saya sajikan ulasan kelebihan yang harus dimiliki unit mobil tua bekas, sebagai bahan pertimbangan sebelum anda membeli:

A. Kelebihan dari unit Mobil Tua Bekas Murah yang Perlu Jadi Pertimbangan Anda:

  • Mobil Harus Memiliki Konsumsi Bahan bakar irit: Kondisi standart jika mesin sehat dan normal, perkiraanumum untuk mobil 1000cc-1600cc berbahan bakar bensin, kurang lebih untuk 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak 15km. Berbeda lagi jika menggunakan mesin diesel, perkiraan umum bisa lebih irit.
  • Perawatan Mobil harus Mudah: Berdasarkan penilaian saya, mobil yang masih menggunakan karbu, karakteristik perawatannya sangat mudah sekali, setting karburator banyak diulas di Youtube, atau Grup Online, di bagian pengapian mobil yang masih menggunakan pengapian platina, untuk beberapa merk dapat diupgrade menjadi CDI.
  • Ketersediaan Spare Part Mobil Harus Mudah: Mau online atau Offline, ketersediaan spare part mobil harus mudah didapatkan dimana-mana, jangan sampai ketika mobilmu rusak dan perlu pergantian spare part, kamu harus indent dulu bermingu-minggu karena stok sparepart di toko kosong. hihihi
  • Banyak Bengkel yang bisa mengerjakan Mobil Tersebut Jika Trouble: Cari unit mobil yang karakteristik mesinnya umum dan banyak pemakainya, jika demikian maka anda tidak perlu takut troble di jalan ketika anda berpergian jauh, seapes-apesnya anda, asal ada bengkel mobil mobil yang tepat Insyaallah mobil anda bisa teratasi.
  • Cari Unit Mobil yang Memiliki Komunitas Kuat : Mobil yang umum dipakai banyak orang, biasanya memiliki komunitas Hampir di setiap daerah di Indonesia, ukurannya anda dapat melakukan pencarian di Social media, contohnya Facebook, Jika grup komunitas yang anda cari jumlahnya banyak, bahkan memiliki chapter-chapter dan jumlah member besar,bisa dipastikan segala informasi mengenai mobil tersebut sangat lengkap.
  • Cari Unit Mobil yang Berpenggerak belakang : Mobil tua saya anjurkan berpenggerak belakang daripada berpenggerak depan, karena berdasarkan pengalaman saya mobil tua berpenggerak depan Bagian Tierod, Ball Joint, Laker Roda Depan lebih cepat rusak. Hal ini dipengaruhi kondisi lubang as yang sudah tidak presisi dimakan usia, dan kekuatan chasis mobil tua yang tidak sekuat saat baru beli, biasanya keropos pada bagian chasis juga berpengaruh, selain itu tugas roda depan menjadi dobel yaitu berfungsi memutar roda, juga berfungsi sebagai pengatur saat belok yang menyebabkan lebih cepat rusak dibanding pada mobil berpenggerak roda belakang.

Berikut ini 6 mobil tua dengan harga murah, yang saya pilihkan atau saya recomendasikan untuk dibeli, berdasarkan pertimbangan dari uraian sebelumnya.

1. Suzuki Katana

Dimulai dengan mobil yang paling sering dijumpai karena tampilannya yang stilysh, mudah dimodifikasi, spare part murah dan banyak tersedia dimana-mana serta memiliki berbagai macam kelebihan lainnya yaitu suzuki Katana. Mobil Berkapasitas mesin 970cc ini, lahir pertama kali pada tahun 1984 (Katana 1st Gen). Suzuki Katana lahir karena downgrade dari Suzuki Jimny 4x4 menjadi 4x2, dilansir dari beberapa sumber, alasan hilangnya fitur 4x4 pada suzuki Katana menjadi 4x2, karena pada era 80-90 an pemerintah menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil 4x4. Kebetulan Saya memiliki mobil ini, dari beberapa mobil yang pernah saya rawat, mobil ini yg paling gak ribet. Untuk perawatan mobil ini, pernah saya ulas lengkap pada artikel saya, yang berjudul: Amankan Suzuki Jimny-Katana Anda Dari Mogok (Tips Jimny Katana Second).

Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 Tampak Belakang (dokpri)
Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 Tampak Belakang (dokpri)

Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 Tampak Depan (dokpri)
Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 Tampak Depan (dokpri)

Kekurangan Mobil Suzuki Katana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan