Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Komunikasi Verbal dalam Dunia Kerja

9 Desember 2022   11:59 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:28 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Public Speaking "Manusia adalah makhluk sosial yang dikodratkan untuk hidup saling berdampingan satu sama lain." -- Aristoteles 

Sesuai dengan yang diungkapkan oleh Filsuf Yunani, Aristoteles. Guna memenuhi kebutuhannya, manusia harus bisa berinteraksi dengan manusia lain salah satunya adalah melakukan komunikasi antar manusia. Dengan melakukan komunikasi, maka Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Dalam melakukan proses komunikasi tersebut, tentunya ada hal yang akan disampaikan oleh sang pengirim pesan kepada penerima pesan tersebut. Ada beberapa jenis komunikasi yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah komunikasi verbal.

Apa itu komunikasi verbal? 

Komunikasi verbal merupakan interaksi antar manusia dengan menggunakan kata-kata. Saat proses komunikasi tersebut berlangsung, akan ada informasi yang disampaikan yang berisikan kata-kata, tulisan, atau hal lain yang bersifat verbal. Proses komunikasi ini lah yang disebut dengan komunikasi verbal.

Mengapa komunikasi verbal penting dikuasai? 

Sama dengan jenis komunikasi yang lain, komunikasi verbal juga memiliki peran yang tidak kalah penting dalam dunia pekerjaan. Jika Anda mampu menguasai komunikasi verbal secara baik, maka kinerja kerja yang efektif akan mudah untuk Anda wujudkan. Contohnya seperti ketika Anda sedang bekerja, tentunya akan ada banyak situasi yang harus Anda hadapi setiap harinya. Dengan menguasai komunikasi verbal yang baik, maka Anda pasti bisa melakukan pendekatan juga membangun komunikasi yang baik apapun situasinya.

Lalu, bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal?

Untuk meningkatkan skill atau kemampuan Anda dalam komunikasi verbal dalam dunia kerja, ada 3 hal yang harus Anda lakukan. Yang pertama adalah perhatikan apa yang akan Anda bicarakan. Perhatikan situasi dan juga kondisi saat Anda akan memulai komunikasi tersebut, sehingga apa yang Anda ucapkan bisa sesuai dengan apa yang saat itu terjadi.

Yang kedua adalah mengusahakan setiap kata dan kalimat yang keluar dari diri Anda jelas dan mudah dipahami oleh kawan bicara Anda. Bicaralah dengan tenang tanpa terburu-buru dan dengan intonasi yang baik, dengan begitu kawan bicara Anda akan tertarik untuk mendengarkan apa yang Anda bicarakan kepadanya.

Dan yang ketiga adalah lakukan hal tersebut dengan rasa percaya diri yang tinggi. Untuk dapat berbicara dan melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Rajinlah berlatih sehingga Anda terbiasa dan rasa percaya diri tersebut tumbuh dalam diri Anda seiring berjalannya waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun