Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

3 Cara Meningkatkan Komunikasi Intrapersonal

8 Desember 2022   13:33 Diperbarui: 8 Desember 2022   13:36 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Public Speaking "Hal terpenting dalam komunikasi adalah mendengarkan apa yang tidak dikatakan." -- Peter Drucker 

Intrapersonal communication atau komunikasi intrapersonal adalah suatu proses komunikasi yang ada di dalam diri seseorang dan tidak melibatkan orang lain dalam prosesnya. Saat proses komunikasi ini berlangsung, seseorang yang terlibat didalamnya akan menjadi pengirim sekaligus penerima pesan dan juga pemberi feed back bagi dirinya sendiri. Contoh dari komunikasi interpersonal, seperti berbicara kepada diri sendiri, berdoa, ataupun rileksasi.

Sebelas dua belas dengan komunikasi interpesonal, komunikasi intrapersonal juga memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak kalah penting bagi kehidupan seseorang. Dengan memiliki komunikasi intrapersonal yang baik, maka Anda dapat membentuk hubungan yang baik antar sesama manusia, memahami diri Anda dengan baik, serta dapat membangun citra diri menjadi lebih baik.

Praktikkanlah 3 cara meningkatkan komunikasi intrapersonal berikut ini : 

1. Mengenal diri sendiri 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri seseorang, maka hal pertama yang harus Anda pahami adalah bagaimana cara mengenal dan memahami apa yang diri Anda inginkan. Dengan mengenal dan memahami diri sendiri, Anda akan dapat membuat suatu keputusan yang baik atas apa yang terjadi dengan diri Anda.

2. Melakukan growth mindset 

Lakukanlah growth mindset dalam kehidupan Anda agar Anda bisa paham bahwa segala hal yang terjadi dan Anda hadapi dapat berubah serta bertumbuh mejadi lebih baik. Dengan menerapkan growth mindset ini, kemampuan intrapersonal Anda akan menjadi ikut ter-upgrade seiring dengan berjalannya waktu.

3. Perduli sekitar 

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal adalah dengan perduli dengan apa yang terjadi pada sekitar Anda. Terkadang, masalah yang terjadi di sekitar Anda dapat menjadi jembatan Anda untuk meningkatkan kemampuan intrapersonal yang Anda miliki. Maka dari itu, mulailah perduli atas apa yang terjadi pada lingkungan sekitar Anda.

Ayo tingkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal Anda agar Anda tidak hanya cakap dalam berkomunikasi dengan orang lain, namun juga cakap dalam berkomunikasi dengan diri sendiri.

Semoga bermanfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun