Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Pilar Komunikasi dalam Presentasi Persuasif

5 Desember 2022   14:21 Diperbarui: 5 Desember 2022   14:31 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara | Public Speaking Orang bijak mengatakan "Untuk meyakinkan orang lain atas apa yang Anda katakan, Anda harus melakukan sesuatu yang meyakinkan untuk membuat mereka percaya."

Presentasi persuasif adalah salah satu teknik presentasi yang bertujuan untuk membuat audiens yakin dan percaya serta mau melakukan sesuatu. Presentasi persuasif ini seringnya berkaitan dengan presentasi pemasaran ataupun penjualan, dimana dalam presentasi tersebut pembicara akan meyakinkan dan juga menawarkan kepada audiens mengenai apa yang ia sampaikan.

Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, Untuk melakukan presentasi persuasif ini, Anda harus memahami 3 pilar komunikasi yang akan membantu Anda untuk mencapai tujuan utama dari presentasi persuasif itu sendiri.

Berikut ini 3 pilar komunikasi dalam presentasi persuasif : 

1. Ethos 

Pilar pertama dalam presentasi persuasif adalah ethos. Dalam pilar pertama ini, pembicara akan dilihat kredibilitas yang dimilikinya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda adalah pembicara yang tepat untuk menyampaikan materi yang ditentukan. Untuk membangun ethos, Anda bisa menjadi ahli dalam suatu bidang serta terus membangun personal branding yang baik.

2. Logos

Logos artinya adalah suatu hal yang logis. Apa yang Anda sampaikan sebagai pembicara harus masuk akan dan juga bedasarkan fakta. Logos dibutuhkan sangat dibutuhkan dalam presentasi persuasif guna mendapatkan kepercayaan audiens. Anda dapat menerapkan logos dalam presentasi dengan 3 prinsip dasar, yaitu buat audiens mengerti, membuat pernyataan logis, dan memberikan contoh yang nyata.

3. Pathos 

Pilar yang terakhir adalah pathos, yang berarti hubungan emosional yang tercipta antara Anda sebagai pembicara dan mereka sebagai audiens Anda. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena sebuah presentasi yang baik pasti akan melibatkan audiens-nya. Untuk mengembangkan pathos dalam presentasi, Ada bisa menggunakan humor, body lenguage, ataupun ice breaking yang dapat membangun suasana antara Anda dengan audiens.

Ayo pahami dan lakukan ketiga pilar presentasi persuasif diatas dan capai tujuan presentasi Anda.

Semoga bermanfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun