Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Public Speaking Penting Untuk Seorang Pemimpin

30 November 2022   11:26 Diperbarui: 30 November 2022   11:40 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Motivator | Pembicara | Public Spekaing Ir. Soekarno, pemimpin pertama Republik Indonesia yang terkenal memiliki kemampuan public spekaing yang luas biasa. Tokoh nasional dengan nama lahir Koesno Sosrodiharjo tersebut lahir di Surabaya, 06 Juni 1901 dan terkenal akan pidato-pidato yang kuat, menggebu-gebu, dan enerjik sehingga mampu membakar semangat rakyat yang kala itu tengah berusaha untuk mengusir penjajah dan membuat Indonesia merdeka. 

Bung karno adalah salah satu pemimpin yang menjadi contoh nyata bahwa kemampuan public speaking yang baik akan membawa Anda kepada kepercayaan masyarakat atau audiens Anda. Hal ini bisa dijadikan contoh oleh para pemimpin untuk terus meningkatkan kemampuan public speaking yang dimiliki agar mampu untuk memotivasi bawahan untuk dapat bekerja lebih giat untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat. 

Merasa bahwa public speaking adalah basic skill yang pasti dimiliki oleh semua orang adalah salah satu masalah terbesar yang dimiliki oleh para pemimpin. Dengan merasa demikian, para pemimpin akan merasa bahwa mereka sudah bisa melakukan public speaking, memimpin presentasi atau rapat, memberikan pidato baik kepada para bawahannya ataupun rekan bisnis mereka dan merasa bahwa mereka tidak perlu belajar lagi untuk meningkatkan kemampuan public speaking yang mereka miliki. 

Jika public speaking adalah basic skill yang sudah pasti dimiliki oleh semua orang, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi miskomunikasi, salah menangkap arti, ataupun ketidaksamaan persepsi dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau kelompok. Hal ini bisa juga menyebabkan turunnya kinerja yang ada karena penyampaian informasi yang tidak lengkap ataupun metode penyampaiannya yang kurang pas. 

Pada kenyataannya, seorang pemimpin selain harus bisa berbicara dengan baik dihadapan bawahan maupun rekan bisnis juga harus bisa memberikan dampak atau efek yang nyata dari apa yang ia sampaikan tersebut. Maka dari itu, kemampuan public speaking dari seorang pemimpin akan menentukan kredibilitasnya baik dihadapan para bawahan maupun rekan bisnis. 

Maka dari itu, sebagai seorang pemimpin penting hal nya untuk mempelajari public speaking ataupun communication skill agar bisa menyampaikan informasi kepada pihak internal maupun eksternal dengan baik dan meminimalisir terjadinya miskomunikasi karena Anda sudah mengetahui teknik-teknik komunikasi yang baik sesuai dengan kebutuhan audiens Anda. 

Ikutlah seminar public speaking, pelatihan public speaking, baca buku-buku komunikasi, dan perkaya diri Anda sebagai seorang pemimpin dengan ilmu komunikasi yang akan membantu Anda untuk terus memimpin. 

 "If you want to be a leader, you had better be able to communicate" Paul Argenti

Semoga bermanfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun