Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Teknik Efektif Mengkritik

4 Agustus 2022   16:33 Diperbarui: 4 Agustus 2022   16:39 46 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dalam memberikan sebuah kritik atau saran yang membangun kepada kawan bicara Anda, pastikanlah bahwa Anda mengatakannya dengan benar agar kritikan dan juga masukan Anda dapat diterima dan tidak melukai perasaan kawan bicara Anda.

Berikut ini adalah teknik memberikan feedback masukan atau kawan bicara Anda tanpa membuat mereka tersinggung dan sekaligus meningkatkan efektifitas dari feedback yang Anda berikan kepada kawan bicara Anda.

Teknik Sadwich, yaitu : 

1. Lapisan pertama 

Utarakanlah kepada kawan bicara Anda apa saja yang sudah baik dari perilaku kawan bicara Anda tadi. Sampaikan kepadanya mengenai poin-poin apa saja yang sudah beliau kuasai sehingga menjadikannya sebagai nilai tambah bagi kawan bicara Anda.

Contoh ; Pak Ongky yang sudah baik dari Anda adalah kemampuan komunikasi, presentasi, dan kemampuan public speaking Anda

2. Lapisan kedua 

Sampaikanlah saran kepada kawan bicara Anda tentang hal-hal atau poin-poin yang harus beliau tingkatkan. Ungkapkan saran dan masukan yang ingin Anda sampaikan dengan bahasa yang halus dan lembut agar tidak menyinggung kawan bicara Anda.

Contoh ; Namun yang perlu pak Ongky tingkatkan adalah kemampuan membangun sebuah tim

3. Lapisan ketiga

Berikanlah jalan keluar agar kawan bicara Anda tidak kehilangan muka akibat saran dan juga masukan yang Anda berikan sebelumnya. Hal ini juga guna membuat kawan bicara Anda tidak berkecil hati dan tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk memperbaiki hal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan