Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kesalahan Visual Saat Public Speaking Online

12 Juli 2022   16:06 Diperbarui: 12 Juli 2022   16:08 44 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara | Public Speaking Meskipun dilakukan secara online dan tidak bertemu langsung dengan audiens, Anda harus tetap mempersiapkan banyak hal dalam membuat atau membawakan sebuah presentasi atau public speaking online baik itu melalui zoom meeting, google meet, live YouTube, live instagram, ataupun platform lainnya.

Salah satu hal yang harus ada perhatikan adalah visual, karena visual yang baik adalah kunci keberhasilan ketika Anda membuka, membuat, atau juga membawakan sebuah kelas online. Untuk memastikan visual yang Anda bawakan saat kelas online sudah baik dan benar, ada beberapa hal yang harus Anda hindari.

Berikut adalah 3 hal yang harus Anda hindari untuk visual yang baik saat kelas online :

1. Letak kamera

Saat Anda men-setting kamera dari handphone, laptop, maupun komputer Anda, maka Anda harus memperhatikan posisi kamera tersebut dengan diri Anda. Jika Anda meletakkan kamera terlalu jauh dari diri Anda maka visual Anda yang tertangkap kamera terlalu kecil. Sedangkan jika Anda meletakkan kamera terlalu dekat dengan diri Anda maka visual yang tertangkap hanyalah bagian kepala Anda saja. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk meletakkan kamera sesuai posisi yang tepat agar tidak terlalu dekat dan juga terlalu jauh.

2. Simetris

Selain posisi kamera untuk menangkap presensi Anda dengan tepat, tatapan mata Anda juga sama pentingnya. Pastikanlah saat Anda meletakkan kamera tersebut tidak terlalu naik namun juga tidak terlalu turun agar saat mata Anda menatap kamera yang seolah itu adalah audiens Anda tetap terlihat sejajar dan simetris.

3. Penggunaan background

Saat Anda menggunakan gambar virtual sebagai background Anda di kelas online tersebut, pastikan bahwa pencahayaan atau lighting yang ada sudah Anda pasang dengan tepat sehingga virtual background Anda terpasang dengan baik tanpa meninggalkan jejak pada visual Anda nantinya.

Ingatlah bahwa apapun yang akan Anda lakukan memerlukan sebuah persiapan yang matang, sekalipun hal tersebut adalah sebuah presentasi online. Jika Anda mempersiapkannya dengan baik dan matang maka kelas online tersebut akan berjalan lancar.

Semoga bermanfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan