Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

3 Kunci Presentasi yang Sukses

19 Januari 2022   09:38 Diperbarui: 19 Januari 2022   09:41 81 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara  Presentasi yang menarik selain akan membantu penjualan Anda juga akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda dimata audiens. Akan tetapi tidak lah mudah untuk menguasai ilmu ini karena banyak factor penunjang keberhasilan sebuah presentasi.

Pengalaman saya membantu ratusan orang dalam kelas-kelas public speaking, mendapati bahwa minimal ada 3P yang harus dilakukan agar Anda dapat membawakan presentasi yang menarik.

Berikut adalah 3P yang membuat presentasi Anda lebih menarik : 

1. Preparation

"Jika Anda gagal membuat rencana itu berarti Anda berencana untuk gagal" sebuah kutipan yang popular kita dengar. Persiapan adalah factor pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat berdiri penuh percaya diri dihadapan audiens Anda.

persiapan juga berarti Anda mencari data-data penunjang materi presentasi Anda. memasukan bumbu-bumbu cerita yang menarik sebagai cara memperkuat illustrasi Anda, sehingga mudah dipahami oleh audiens Anda.

2. Practice

Saya yakin Anda setuju dengan ungkapan "Practice make perfect." Benar sekali bahwa kunci kesuksesan dalam presentasi adalah latihan yang terus-menerus terhadap materi yang akan Anda bawakan.

3. People

Presentasi berhubungan dengan banyak orang, oleh karena itu memiliki ilmu menangani audiens adalah komponen berikut yang harus Anda kuasai. Salah satu cara menguasai audiens adalah dengan mengetahui latar belakang pendidikan, budaya dari audiens Anda. Hal ini akan banyak membantu Anda dalam pemilihan kata dan humor yang Anda lemparkan keaudiens Anda.

Semoga bermanfaat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan