Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Penanaman Sorgum sebagai Komoditas Penunjang

26 November 2022   22:20 Diperbarui: 26 November 2022   22:40 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu, 12 November 2022 Tim OVOC IPB -- Bintan berhasil menyelenggarakan pelatihan budidaya dengan tema "Sosialisasi Penanaman Sorgum sebagai Komoditas Penunjang Program Ketahanan Pangan dan Agribisnis". Kegiatan ini dilakukan langsung di lahan pertanian sorgum milik Kelompok Tani Milenial Kreatif Jl. Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Bintan Utara. 

Pada pelatihan ini, Tim OVOC -- Bintan menghadirkan Ibu Dr. Desta Wirnas, S.P., M.Si dan Ibu Dr. Ir. Trikoesoemaningtyas, M.Sc sebagai narasumber. Adapun berbagai tamu undangan yang turut hadir adalah Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh asisten 3 Luki Zaiman Prawira, Bupati Kabupaten Bintan yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bapak Khairul, S.sos.

Juga turut hadir Ketua Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan, Ibu Dr. Rika Azmi, STP., M.Si, Ketua BPTP Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Dr. Ir. M. Alwi Mustaha, M.Si, Komandan Lanudal Tanjung Pinang, Kolonel Laut (P) Rivai, serta berbagai tamu undangan lainnya.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan turut dirangkaikan dengan kegiatan tanam sorgum bersama para tamu undangan, serta launching kemasan produk beras sorgum dari Kelompok Tani Milenial Kreatif Desa Lancang Kuning oleh Ibu Hj. Dewi Kumalasari Ansar selaku Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Riau dan Bapak Handian Purwawangsa, S.Hut, M.Si selaku Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB . 

Sebelumnya, Kelompok Tani Milenial Kreatif telah menghasilkan beras yang sudah dikomersialkan namun belum memiliki kemasan khusus. Oleh karena itu, Tim OVOC -- Bintan membantu dalam branding kemasan termasuk membuat desain label produk beras sorgum tersebut.  

Dokpri
Dokpri

Pada lokasi kegiatan turut diramaikan dengan display berbagai produk turunan sorgum yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Ratun Jaya Topas, diantaranya teh dan kopi sorgum. Dengan display ini, diharapkan dapat memperkenalkan lebih jauh tentang potensi ekonomis sorgum terhadap para peserta dan tamu undangan.

Selain dipamerkan, peserta juga dapat membeli produk tersebut. Pukul 12.40, kegiatan pelatihan di lahan pertanian sorgum dijeda sementara untuk dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab yang lebih terfokus pada pukul 14.00 di posko Tim OVOC -- Bintan. Diskusi berlangsung cukup interaktif dan diakhiri dengan pemberian merchandise kepada 5  peserta pelatihan yang aktif dan pemberian plakat kepada narasumber.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun