Mohon tunggu...
IWAN RUDIAWAN
IWAN RUDIAWAN Mohon Tunggu... Blogger

Saya adalah seorang Blogger yang senang mengamati fenomena kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Listrik itu mahkluk semacam apa sih ?

20 Desember 2019   21:12 Diperbarui: 2 Januari 2020   15:46 42 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Listrik itu mahkluk semacam apa sih ?
ilustrasi

Bagaimanakah bila suatu ketika aliran listrik di tempat anda padam dalam waktu yang relatif lama?
tentu sangat menjengkelkan bukan?

Memang tak dapat di pungkiri bahwa kehidupan kita dewasa ini amat sangat bergantung pada keberadaan listrik, mulai dari mandi,mencuci,makan,minum,komunikasi,belajar,bekerja, nyantai dsb.

Pokoknya, listrik padam kita pun kelabakan,mencak-mencak,hingga akhirnya....diam... tak berdaya!

Konon khabarnya, bila di seluruh dunia mengalami pemadaman listrik dalam jangka waktu tertentu,kita akan kembali hidup seperti jaman primitif ! 

wah wah wah ! benarkah ? memangnya listrik itu mahluk apa sih? hingga mampu membalikan keadaan kehidupan peradaban manusia sampai sedemikian dahsyat nya ?

Listrik itu adalah............sosoknya kita tidak tahu,warnanya kita tidak tahu,aromanya kita tidak tahu,suaranya kita tidak tahu, geraknya pun juga kita tidak tahu !
yang jelas bila kita pegang ......... menggelikan !

Ternyata eksistensi listrik itu Nyata..dibutuhkan,dirindukan,didamba-dambakan dan di agung-agungkan!

tapi,..pernahkah kita mencari tahu siapakah orang yang pertama menemukannya? orang yang sepertinya iseng nggak punya kerjaan, mau maunya bersusah susah meluangkan waktu,tenaga, pikiran serta hidupnya guna mencari tahu,meneliti hingga akhirnya menemukan sesuatu yang serba ngga jelas ( absurd ) itu?

apakah kita mengingatnya? mengaguminya? mengenangnya dengan cara mengheningkan cipta seperti pada para pahlawan? mendo'akannya dengan cara mengirimi hadiah puji seperti halnya yang dilakukan bagi para nenek moyang dan para wali? atau dengan cara lain ?

Jangan-jangan kita terlalu sibuk menikmati hasilnya saja !

Akhirnya marilah kita bersama-sama sejenak menundukan kepala guna mengenang jasa-jasa mereka yang tak terhingga ini, tidak saja hanya bagi penemu listrik ( Benjamin Franklin , Galvani , Volta , Michael Faraday, edison ? ) tapi juga bagi para ilmuan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN