Mohon tunggu...
Ramon
Ramon Mohon Tunggu... -

Saya adalah Anak Muda yang ingin belajar banyak dari orang yang sudah berpengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Bahaya Jebakan Hack Facebook Lewat Postingan Berita

27 November 2015   23:06 Diperbarui: 28 November 2015   00:07 1601 10 6 Mohon Tunggu...

Pernah merasakan ditegur teman gara-gara invite friend masuk ke grup facebook yang aneh (tidak dikenal) tapi Anda tidak pernah merasa invite? atau Anda sendiri yang memposting berita-berita tidak jelas ke semua grup yang Anda ikuti? padahal Anda tidak pernah memposting atau share berita tersebut? Berikut trik untuk menghindari hal-hal tersebut.

Pertama jangan pernah mengklik postingan dengan headline yang menarik tapi dengan situs yang tidak jelas, atau sebagai contoh ada headline bertuliskan "Jokowi Menyerahkan Jabatannya Ke Prabowo" sebelum Anda mengklik postingan tersebut lihat terlebih dahulu link yang ada dibawahnya gambar postingan. Contoh link benar-benar boleh Anda klik seperti gambar dibawah dan tentu Anda mengenali Link tersebut.

Modus kedua tidak jauh berbeda dengan yang pertama tapi dengan headline yang berbeda dan cenderung lebih berbau hal-hal negatif misal "Video S*eks Raffi Ahmad dan Yuni Sarah" hati-hati jangan pernah mengklik Video tersebut, Anda akan di redirect ke situs yang sama sekali berbeda dengan headlinenya kalau Anda melihat teman yang tiba-tiba memposting postingan tersebut di timelinenya berarti teman sudah kena perangkap.

Modus ketiga ini adalah yang paling berbahaya yaitu dengan headline yang menarik tapi menggunakan link sebuah situs yang sudah terkenal misalkan ok*zone.com, komp*s.com, tribunn*ews.com tapi setelah di klik malah ke redirect ke situs lain. Biasa yang suka memposting ini adalah akun facebook cewek (palsu bukan asli cewek atau bisa dibilang fake account) yang di share ke grup-grup.

Untuk modus yang nomor tiga ini saya ingatkan, jangan mudah mengklik sebuah postingan meski dari akun cewek yang tidak dikenal, lebih baik langsung like ke facebook officialnya dan Anda bisa lihat berita-berita yang mereka posting di facebook.

Tapi bagaimana bila terlanjut mengklik dan apa akibatnya?

Kemungkinan besar orang-orang yang sudah terlanjut mengklik biasa akan auto invite friend ke grup-grup yang andapun tidak pernah join, kedua adalah Anda sendiri yang akan share postingan yang Anda klik sendiri ke grup-grup semakin banyak orang mengklik postingan Anda semakin banyak juga yang sudah kejebak dan merekapun memposting apa yang mereka klik.

Paling fatal adalah facebook Anda sudah tidak dapat di Login lagi, sewaktu Anda Login biasa akan bertuliskan "Password yang Anda masukan salah" atau "Password Anda Sudah Diganti beberapa menit lalu". Dan dengan se enaknya yang sudah menghack facebook Anda menipu orang lain atau berbuat jahat dengan data diri Anda.

Cara terampuh untuk mengembalikan facebook Anda adalah report kepihak facebook bila facebook anda sudah di hack, Anda akan diminta data-data Anda serta foto identitas. Dan bila facebook Anda sudah kembali langkah paling tepat adalah hapus aplikasi-aplikasi yang Anda tidak kenal di facebook, masuk ke Setting lalu klik Apps, Silahkan Anda remove Aplikasi yang menurut Anda aneh (Cara ini untuk menghindari hal-hal aneh karena ditakutkan facebook Anda sudah terconnect dengan Aplikasi buatan Hacker dan suatu saat bisa menghack facebook Anda lagi).

Namun bagi Anda yang belum pernah mengklik berita-berita aneh yang di share ke facebook saya sarankan JANGAN PERNAH DIKLIK. Dan bagi kalian yang sudah di invite masuk ke grup silahkan leave dari grup tersebut jika Anda tidak menyukainya atau tidak kenal dengan grup tersebut, facebook Anda masih tetap aman meskipun Anda di invite masuk ke grup.

Semua ditulis dari pengalaman saya membantu beberapa teman yang sudah kena jebakan seperti diatas dan saya coba sendiri melalui facebook palsu yang saya buat dengan mengklik berita-berita yang tidak jelas dan saya berhasil mengembalikannya lagi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN