Mohon tunggu...
onang pribadi
onang pribadi Mohon Tunggu... Security - Karyawan Swasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis,penterjemah bahasa inggris,motivasi,spiritual,psikologi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

10 Tips Bertahan Bekerja dengan Publik Saat Anda Seorang Introvert

4 Desember 2023   16:26 Diperbarui: 4 Desember 2023   16:40 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

10 Tips Bertahan Bekerja dengan Publik Saat Anda Seorang Introvert
Oleh : Onang Pribadi / I.D

Saat Anda bekerja dengan publik, Anda harus "on", yang bisa menjadi pengalaman yang menguras tenaga bagi para introvert.

Bekerja dengan publik tidak pernah mudah --- bagi siapa pun --- tetapi bisa sangat menantang jika Anda seorang introvert . Apakah Anda bekerja di ritel atau pekerjaan sosial, atau di restoran atau perpustakaan, dalam peran semacam ini, Anda harus "aktif" dan siap membantu seseorang. Anda harus bisa berbasa-basi. Anda harus bisa menjawab telepon.

Tentu saja, hal-hal tersebut bisa menguras tenaga bagi seorang introvert --- intinya, kamu adalah seorang introvert dengan pekerjaan "ekstrovert" .

Saya bekerja sebagai Pustakawan Layanan Pemuda di perpustakaan umum. Sebagian besar waktu, saya mencintai pekerjaan saya. Saya suka bekerja di tempat yang dikelilingi oleh buku. Saya suka berbagi kecintaan saya membaca dengan anak-anak yang datang ke perpustakaan. Saya menyukai banyak kesempatan untuk menjadi kreatif melalui pemrograman dan dekorasi.

Namun, yang menantang adalah hal-hal seperti membantu di meja sirkulasi, menjawab telepon, atau melakukan Waktu Cerita di depan beberapa orang tua dan anak.

Setiap Pertemuan dengan Orang-Orang Menguras Introvert

Saya telah mengalami banyak pertemuan positif, dan terkadang negatif, sepanjang karier saya . Kedua jenis itu menguras tenaga saya. Itu adalah sesuatu yang orang tidak selalu mengerti tentang introvert, saya temukan. Hanya karena perjumpaan sosial itu positif, bukan berarti itu juga tidak menguras tenaga.

Namun, selama bertahun-tahun, saya telah belajar beberapa cara untuk membantu mengatasi tantangan yang dapat ditimbulkan oleh bekerja dengan publik bagi seorang introvert seperti saya - dan mungkin juga bagi Anda. Inilah beberapa di antaranya.

10 Tips Bekerja dengan Publik sebagai Seorang Introvert

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun