Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Pengalaman Kartu Kredit Mandiri Dibobol untuk Pembayaran Uber di Kanada

17 Desember 2018   15:25 Diperbarui: 17 Desember 2018   15:33 1125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu, 1 Desember 2018, sekitar pukul 05:00, saya membaca sebuah SMS yang masuk di hape saya. SMS yang dikirimkan pada tanggal 30 November 2018 pukul 23:56 alias tengah malam itu berbunyi, "Terima kasih utk trx kartukredit XXX3825 tgl30-11-2018 23:52:54 CAD 6,42 di UBER TRIP QXFLC Help.U help.uber.com NLD. Jika Trx tdk Anda kenal, hub 14000."

Saat saya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya berada di laut tak jauh dari Pulau Padar bersama tim Kompasiana, Kompas.com dan Pegipegi, reward dari lomba menulis yang saya ikuti sebelumnya. Saya berada di tempat terpencil. Untung saja sinyal masih dapat dijangkau oleh provider selular saya.

Saya kaget. Namun saya berusaha untuk tenang. "6,21 dolar Kanada ini, gak begitu besar. Jikapun harus nombok dulu, ya masih bisalah," pikir saya. Tak lama, saya langsung menelepon 14000. Saya lupa dibantu sama siapa. Kalau nggak salah petugas laki-laki. Saya sampaikan bahwa situasinya urgent. Saya di tengah laut dan tolong prosesnya dilakukan dengan cepat. Secara, proses verifikasi nasabah aja udah butuh waktu berapa menit yekan.

Intinya, pagi itu, saya minta untuk dilakukan pemblokiran dan proses pemblokiran dibantu oleh staf mandiri call tersebut. Saat itu, karena waktu tidak banyak, saya tidak terlalu ngeh seberapa besar jumlah kerugian akibat dibobolnya CC (Credit Card) saya tersebut.

DATANG KE KANTOR BANK MANDIRI

Senin pagi, 3 Desember 2018, setelah pulang ke Palembang, saya teringat lagi tentang kejadian pembobolan CC saya itu. Saya lantas mencoba masuk ke akun internet banking saya, dan betapa kagetnya saya setelah melihat rincian penggunaan CC, ternyata kartu kredit saya itu sudah jebol sejak tanggal 29 November 2018.

Total pemakaian CC yang dibobol
Total pemakaian CC yang dibobol
Ada total 5 pemakaian dengan jumlah kerugian 1,3 juta sebelum saya mendapatkan notifikasi SMS tanggal 30 November tengah malam tersebut. Nah loh, kenapa coba pemakaian sebelum-sebelumnya saya tidak mendapatkan pemberitahuan?

Saya langsung bergeras ke Bank Mandiri kantor wilayah regional II di Jalan Kapt.A.Rivai Palembang. Saya langsung ke bagian kartu kredit dan saat itu dibantu oleh Sdri.Rosalia. Oleh beliau, saya sempat ditanya dulu apakah sebelum ini pernah menggunakan CC tersebut di LN.

"Ini CC-nya baru banget mbak. Abis diganti karena masa berlaku CC lama sudah habis. Baru banget diaktifin dan SEINGAT SAYA belum digunakan sekalipun di perjalanan di LN," jawab saya.

Setelah diyakini CC jebol, saya dibuatkan surat sanggahan oleh beliau dan tinggal ditanda-tangani saja.

"Karena CC-nya jebol, jadi harus diganti dengan yang baru dan dikenakan biaya Rp.50.000," ujar beliau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun