Mohon tunggu...
Nanang B Setiawan
Nanang B Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - nikmati yang tersaji

☆ setidaknya pernah menjadi bankir ☆ dosen tidak tetap dan pelaku usaha ☆ lupa kalau pernah menulis buku ajar "kewirausahaan dalam proyek, aspek dan prospek bisnis", juli 2020

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Memahami Pengeluaran

9 Januari 2023   12:31 Diperbarui: 9 Januari 2023   12:47 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi/memahami pengeluaran (sumber: dok. pribadi)

Memahami Pengeluaran

Pada kesempatan yang akan datang in syaa Allah akan penulis release artikel tentang berbagai jenis sumber pendapatan, namun tidak kalah seru kali ini terlebih dahulu akan bercerita tentang bagaimana memahami jenis pengeluaran

Jenis-jenis Pengeluaran

Tentang bagaimana seseorang mempunyai kebijakan keuangan sehingga memutuskan jenis pengeluaran tertentu yang dipilih, atas pertimbangan dan skala prioritas yang seperti apa mereka melakukannya, mari belajar bersama.

Demi mempertahankan kehidupan manusia tidak terlepas dari yang namanya kebutuhan, keinginan dan investasi untuk masa depan, ketiganya merupakan pengeluaran yang membutuhkan sumber dana. Besaran sumber dananya relatif dan disesuaikan dengan kapasitas masing-masing pribadi yang melakoni.

Dua sisi yang bertolak belakang antara pendapatan dan pengeluaran. Yang satu uang masuk dalam bentuk penghasilan atau pendapatan sedangkan sisi sebaliknya uang keluar yaitu bagaimana mengelola uang keluar atau pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan/keberlangsungan kehidupan dengan bijak.

Seberapa besar penghasilan didapat dan dengan cara yang bagaimana untuk mendapatkannya, halal atau haramkah sumbernya diperlukan suatu cara sehinga penghasilan benar-benar "mumpuni" sesuai syariat sehingga penghematan pengeluaran dapat menyesuaikan.

Karena seberapapun besar pendapatan jika pengeluaran jauh lebih besar dari penghasilannya maka yang akan terjadi bukannya surplus keuangan malah sebaliknya menjadi defisit keuangan. Sebab besar pasak daripada tiyang, sangat berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan seseorang atau keluarga.

Sebagian besar sahabat telah mengerti dan memahami tentang skala prioritas pengeluaran, namun seringkali akan dihadapkan kepada fakta yang memaksa sahabat untuk menentukan pilihan yang sebetulnya akan justru menambah pengeluaran keuangan sahabat menjadi lebih besar lagi, tetapi langkah tersebut harus diambil.

Sebagai contoh, pengeluaran tak terduga untuk biaya kesehatan yang disebabkan salah satu anggota keluarga harus menjalani perawatan rumah sakit, mau tidak mau, suka tidak suka sebagai bagian dari anggota keluarga setidaknya turut meringankan beban biaya anggota keluarga yang tidak mampu dengan mengalokasikan dana untuk pengeluaran biaya rumah sakit.

Dirangkum dari beberapa sumber untuk kemudian dituliskan kembali tentang pemahaman berbagai jenis pengeluaran sebagai tambahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang agak sulit dan di saat yang kurang menguntungkan.

Jenis Pengeluaran Sesuai Skala Prioritasnya

Primer, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun