Mohon tunggu...
Bagus Suci
Bagus Suci Mohon Tunggu... Penikmat Pengetahuan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka belajar dan berbagi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

New Normal dan Pulihnya Permintaan BBM

22 Agustus 2020   12:53 Diperbarui: 22 Agustus 2020   12:49 79 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal dan Pulihnya Permintaan BBM
Ilustrasi pasokan BBM (Credit: ANTARA Foto)

Sejak dua bulan lalu, pemerintah Indonesia mendorong adanya tatanan kehidupan baru untuk beradaptasi dengan virus Covid-19. Tatanan ini disebut dengan istilah "new normal" atau "normal baru".

Adanya tatanan normal baru ini, diakui atau tidak, berhasil mendorong kehidupan masyarakat berangsur pulih. Termasuk di bidang rantai pasok dan konsumsi energi (BBM dan LPG).

Sebagaimana dikehui, fase "new normal" adalah masa transisi sebelum vaksin Covid-19 ditemukan oleh para ahli. Dalam kondisi ini, masyarakat diharapkan dapat hidup berdampingan dengan virus corona dengan menyesuaikan diri dan tetap produktif.

Meski begitu, masyarakat dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti sering mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak fisik, guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Singkat kata, kehidupan normal baru ini adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tapi ditambah dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Setelah pemerintah menetapkan masa new normal ini, aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia berangsur kembali seperti dulu lagi. Ditandai dengan kembali dibukanya kantor-kantor pemerintahan, pasar bergeliat lagi, pabrik berproduksi, dan masyarakat bisa bekerja.

Termasuk dalam hal ini adalah konsumsi energi oleh masyarakat. Setelah fase normal diterapkan, konsumsi BBM dan LPG berangsur naik hingga mendekati kondisi sedia kala.

Misalnya, menurut catatan Pertamina, konsumsi BBM pada masa transisi tatanan baru di wilayah MOR III, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, telah mencapai 91% dari konsumsi pada masa normal.

Konsumsi rata-rata harian masyarakat terhadap BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) hingga pertengahan Agustus 2020 ini telah mencapai 23.808 Kilo Liter (Kl) per hari. Padahal sebelumnya, saat kondisi normal adalah 26 ribu Kl per hari.

Sedangkan, konsumsi BBM jenis Gasoil (Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) telah mencapai 8.281 KL per hari, atau setara 85% dari kondisi normal pada periode Januari-Februari yang mencapai sekitar 9.811 Kl.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN