Mohon tunggu...
Rokhman
Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Menulis, menulis, dan menulis

Guru SD di Negeri Atas Awan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Daya Tarik Sebuah Tulisan

20 November 2022   09:46 Diperbarui: 20 November 2022   09:48 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi : dakwatuna.com

Mengapa tulisan harus memiliki daya tarik? Tujuan kita menulis adalah agar bisa dibaca orang lain. Dengan dibaca maka informasi atau pesan dalam tulisan bisa tersampaikan. Semakin banyak yang membaca harapannya akan semakin banyak orang yang mendapat manfaat dari informasi tersebut.

Kalau tulisan itu dimuat di media massa (cetak/elektronik) tetapi tingkat keterbacaannya rendah maka pendapatan dari iklan juga rendah. Akibatnya, keberlangsungan hidup media tersebut menjadi tidak sehat. Bahkan bisa jadi gulung tikar.

Lantas apa yang menjadi daya Tarik sebuah tulisan? Daya Tarik sebuah tulisan terutama berasal dari materi (bahan) tulisan tersebut. Bahan tulisan yang menarik biasanya menyangkut hal-hal baru, aneh, luarbiasa, kontroversial, populer, menyangkut hajat hidup orang banyak, kedekatan, dan lain-lain.

Mengapa hal-hal tersebut menarik pembaca? Hal baru misalnya; baju baru, rumah baru, teman baru, atau istri baru pasti lebih menarik perhatian dibanding dengan yang lama.

Contohnya; anak-anak zaman sekarang pasti mempunyai koleksi pakaian yang banyak tidak seperti anak zaman dahulu. Satu anak bisa mempunyai koleksi pakaian hingga satu almari. Namun ketika anak dibelikan baju baru, mengapa baju baru itu yang sering dipakai. Begitu selesai disetrika langsung dipakai lagi. Istilah Jawanya "bahringgo" (dikumbah, garing dienggo). Cuci lagi pakai lagi begitu seterusnya.

Mengapa demikian? Tentu karena baju baru memiliki daya tarik yang tinggi bagi anak-anak. Apalagi baju baru itu juga merupakan baju kesukaannya tentu akan lebih menarik lagi.

Hal aneh. Binatang aneh, tanaman aneh, orang aneh, rumah aneh, dan lain-lain pasti lebih menarik dari yang biasa-biasa saja. Demikian juga sesuatu yang luar biasa, kontroversial, populer, menyangkut hajat hidup orang banyak, dan kedekatan pasti ada sisi-sisi menarik yang ingin diketahui banyak orang.

Itulah sebabnya, mengapa di televisi ada acara khusus yang membahas masalah seks, kriminalitas, dan gosip artis. Masalah-masalah tersebut selalu menarik untuk dikupas karena ada unsur kontroversial, luar biasa, populer, dan hal-hal aktual lainnya.

Jadi, jika ingin tulisan kita dilirik oleh banyak orang mau tidak mau harus memperhatikan hal-hal yang menjadi daya tarik sebuah tulisan.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun