Mohon tunggu...
Rokhman
Rokhman Mohon Tunggu... Menulis, menulis, dan menulis

Guru Sekolah Dasar. Menulis ternyata tak segampang ngomong

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Semangat adalah Modal Utama Penulis

7 Juli 2020   19:53 Diperbarui: 7 Juli 2020   20:02 22 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat adalah Modal Utama Penulis
liputan6.com

Pada hakikatnya semua orang adalah penulis. Entah, menulis untuk kesenangan atau pun menulis karena tuntutan. Terbukti, setiap ada kelas penulisan atau seminar tentang kepenulisan jumlah pendaftar selalu membludak.

Banyak peserta yang antusias untuk mengikuti. Mereka bersemangat mengikuti kelas menulis meskipun harus membayar sendiri. Peluang ini tidak disia-siakan oleh  penyelenggara pelatihan menulis daring. Mereka menawarkan berbagai paket melalui sosial media.

Namun persoalannya adalah dapatkan mereka mempertahankan semangat untuk tetap menulis ataukah semangat itu akan redup setelah selesai mengikuti kelas kepenulisan?

Banyak orang mengira bahwa menjadi penulis bisa dicapai dengan instan. Padahal menulis itu butuh proses. Dibutuhkan proses yang tidak sebentar untuk menghasilkan karya yang diharapkan.

Meskipun demikian, jangan takut untuk menulis, jangan takut mengawali sebuah tulisan, jangan takut dengan hasil yang tidak memuaskan, jangan takut melakukan kesalahan, karena dari sana kita belajar bagaimana membuat sebuah tulisan yang baik.

Kita hanya perlu menulis saja, tanpa perlu memikirkan apakah karya itu akan bagus atau kurang memuaskan. Pikirkan nanti setelah menyelesaikan tulisan tersebut. Semangat adalah modal utama untuk menulis.

Jika kita memiliki semangat yang kuat, maka dengan mudah kita bisa mencapai apa yang kita harapkan. Kita hanya perlu mempertahankan semangat yang kita miliki dan terus berlatih.

Menulis adalah persoalan eksistensi, yaitu kesadaran untuk berproses dan kreatif terus menerus. Jika sudah terbiasa, kita akan dengan mudah menuliskan gagasan yang kita miliki.

Namun semangat saja belum cukup. Menurut Mulasih Tary, agar dapat mewujudkan cita-cita menjadi seorang penulis hal-hal yang perlu disiapkan antara lain; niat, belajar mencintai karya tulis, terus berlatih, dan percaya diri.

VIDEO PILIHAN