Mohon tunggu...
olivia agustin
olivia agustin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP

Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Undip Membuat Tisu Basah Sanitizer dan Mengolah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun

4 Agustus 2021   15:29 Diperbarui: 10 Agustus 2021   10:48 96 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Membuat Tisu Basah Sanitizer dan Mengolah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jabungan, Semarang (4/8/2021) -- Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro melakukan edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Jabungan berupa pembuatan tisu basah sanitizer dan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Undip Tahun 2020/2021 secara online dengan tema "Sinergi Perguruan Tinggi dan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".

Angka pasien COVID-19 yang terus meningkat, mengharuskan masyarakat untuk terus menjaga diri supaya tidak terpapar virus corona. Pemerintah juga telah mengimbau untuk memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masyarakat pun meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona dengan mengonsumsi vitamin. Meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan menjadi kunci utama sebagai pencegahan terpaparnya virus ke dalam tubuh. Perlu adanya kesadaran masyarakat akan kebersihan sehingga dapat menjadi proteksi bagi tubuh.

Mahasiswa KKN Undip terinspirasi membuat tisu basah sanitizer sebagai alternatif lain dalam membersihkan tangan bila tidak tersedia sabun dan air mengalir. Edukasi kepada masyarakat Desa Jabungan digencarkan secara online dan memberikan panduan berupa modul pembuatan tisu basah sanitizer yang secara sederhana dapat dilakukan di rumah.

Dalam kegiatannya, Mahasiswa KKN tersebut juga melakukan pemberdayaan kepada masyarakat melalui pembuatan sabun dari minyak jelantah yang berguna pula dalam mengurangi pencemaran air akibat limbah minyak jelantah. Banyaknya area persawahan di Desa Jabungan, menginspirasi mahasiswa KKN dalam mengolah limbah minyak jelantah sehingga tidak dibuang langsung ke perairan yang akan mencemari sungai dan berdampak pada wilayah sekitarnya seperti area persawahan.

Video turorial dan modul pembuatan sabun minyak jelantah juga dibagikan kepada masyarakat Desa Jabungan secara online guna menjadi panduan dalam pembuatannya.

Dengan adanya kegiatan KKN yang dilakukan oleh Mahasiswa Undip, diharapkan masyarakat Desa Jabungan dapat teredukasi dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan sebagai upaya dalam pencegahan COVID-19 serta mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Oleh : Olivia Agustin (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip)

Dosen Pembimbing : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN