Mohon tunggu...
Olivia OribellMustopa
Olivia OribellMustopa Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Saya hobi menggambar dan bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Geladi Hominisasi - Bangun Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

4 Oktober 2022   14:41 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:50 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum mengikuti geladi hominisasi, saya diberi tugas pra geladi hominisasi. Tugas memilih salah satu syair yang menarik bagi saya dan juga menganalisi film dokumen. Dalam mengerjakan tugas tersebut saya mendapatkan cukup banyak wawasan tentang kuliner lokal. Karena adanya budaya luar yang masuk dan mempromosikan kuliner luar negri, banyak anak muda yang gengsi untuk makan-makanan lokal. Sementara makanan lokal merupakan budaya Indonesia yang adalah salah satu identitas Indoensia.

Dan materi ini berhubungan dengan acara gladi hominisasi dimana hominisasi berarti, membangun kesadaran akan identitas sebagai warga negara, identitas yang bisa berfikir dan bisa berbahasa. Pada geladi ini saya diajak untuk berfikir lebih kritis dan efisien agar bisa menghemat waktu.

Selama acara gladi berjalan saya harus bisa bekerja sama dengan kelompok saya dalam waktu yang singkat dengan mempresentasikan tema kami, cara pembawaan kami adalah dengan berdebat. Dan dalam perdebatan itu kami mengulas tentang budaya berbatik, apakah batik masih trend untuk dipakai anak muda? Apakah batik masih harus di budayakan? Dan dengan perdebatan tersebut kami memutuskan bahwa batik layak dan harus dibudayakan oleh anak muda karena itu tetap menjadi identitas kita sebagai warga negara Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik, menggunakan logika merupakan hal yang wajar karena dalam menghasilkan keputusan yang bijak dan tidak memberi dampak buruk pada sekitar kita. Sementara menggunakan Bahasa yang baik dan benar merupakan kewajiban yang harus dilakukan sebagai warga negara Indoneisa yang baik. Dengan memikirkan apa yang akan kita ucapkan menggunakan kata-kata yang jelas dan baik, akan membuat lawan bicara, pendengar ataupun pembaca lebih mengerti apa yang kita coba untuk sampaikan.

Pastinya ini memberikan saya banyak pembelajaran menarik dan berguna. Saya pastinya akan mulai berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga mulai melestarikan budaya saya, dimulai dengan membeli makanan traditional dan membeli barang-barang lokal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun