Mohon tunggu...
OLGA ZEFANYA TRISTANIA
OLGA ZEFANYA TRISTANIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa Hubungan Internasional yang ingin belajar hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi UNPAR

6 Oktober 2022   18:15 Diperbarui: 6 Oktober 2022   18:19 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada 1 Oktober 2022 lalu, saya berpartisipasi dalam Geladi Hominisasi UNPAR. Hal yang saya lakukan dalam proses tersebut adalah merenungkan partisipasi saya sebagai warga negara Indonesia sejak tugas Pra Geladi dibagikan hingga geladi tersebut selesai. 

Pengalaman saya selama menjalani Geladi Hominisasi membuat saya belajar banyak hal baru dan mendorong saya menjadi pribadi yang lebih sadar untuk memainkan peran saya sebagai warga negara. 

Dalam Geladi Hominisasi, pengetahuan saya pun diuji, namun tidak hanya itu, saya memperoleh pengetahuan dari orang lain dan bisa memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran dan berkolaborasi antar mahasiswa.

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara Indonesia sangat penting untuk dikuasai oleh para penerus bangsa, yaitu seperti generasi saya. Kami tidak akan mampu atau mendapatkan hasil yang terbaik jika kami masih sangat terbatas dalam memiliki kedua kemampuan tersebut. 

Manfaat yang saya peroleh setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah saya dapat berkolaborasi dan memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan sesuatu dengan maksimal. Selain itu, saya juga memperoleh kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dimana kami dapat saling mengarahkan dan membantu untuk menghasilkan yang terbaik. 

Manfaat-manfaat tersebut tentunya dapat saya terapkan dalam perjalanan kuliah. Dalam studi di kuliah, saya pastinya akan sering bertemu dengan pekerjaan kelompok maupun diberikan waktu yang singkat untuk mengerjakan sesuatu. Dengan demikian, saya dilatih untuk memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cekatan dan lebih cermat ketika dalam tekanan. 

Selain itu, saya pun dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara Indonesia melalui pelestarian hari-hari nasional yang ada di Indonesia. 

Saya diingatkan kembali pentingnya untuk melestarikan budaya dan berpartisipasi aktif untuk mengingat hari-hari nasional yang ada, dimana tentutnya kemampuan berpikir dan berbahasa saya sebagai warga negara Indonesia dapat diuji serta diasah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun