Mohon tunggu...
Oktaviani Puspitasari
Oktaviani Puspitasari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Hobi menonton anime

Selanjutnya

Tutup

Games

Mengenal Game Mobile

30 September 2023   07:59 Diperbarui: 30 September 2023   08:04 746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: saya sendiri sedang bermain game mobile Among Us dengan teman-teman.

Game mobile telah menjadi fenomena global dalam dekade terakhir. Permainan pada perangkat seluler nyatanya telah memberikan kontribusi besar pada pemasukan industri game. Salah satu contohnya adalah permainan Pokmon GO. Permainan ini menggabungkan dunia nyata dengan dunia Pokmon dan memungkinkan para pemainnya untuk berburu Pokmon di lokasi dunia nyata mereka. Dalam beberapa tahun pertama setelah peluncurannya, Pokmon GO berhasil menghasilkan miliaran dolar dalam pendapatan melalui pembelian dalam aplikasi dan sponsor. Artikel ini akan mengeksplorasi perkembangan teknologi dalam industri game mobile serta dampak sosialnya. Kami akan membahas sejarah singkat game mobile, perkembangan teknologi, dan efeknya terhadap pengguna dan masyarakat. 

Pengertian Game Mobile

Game mobile adalah permainan video yang dirancang khusus untuk dimainkan pada perangkat seluler, seperti ponsel pintar dan tablet. Permainan seperti ini dapat diunduh dan diinstal melalui toko aplikasi yang tersedia pada perangkat seluler, seperti App Store untuk perangkat Apple iOS, Google Play Store untuk perangkat Android, dan berbagai toko aplikasi lainnya untuk platform seluler yang lain. 

Namun, arti game mobile menurut Rollings dan Adams (2006) lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi dibandingkan sebagai sebuah genre atau jenis permainan, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan.

Game mobile merupakan salah satu bentuk hiburan paling populer di era digital ini. Mereka telah mengalami evolusi signifikan sejak pertama kali muncul di ponsel Nokia dengan monokrom pada awal 2000-an. Saat ini, game mobile tidak hanya tersedia dalam berbagai genre tetapi juga memiliki grafis yang memukau dan mekanisme bermain yang canggih. Perkembangan teknologi, terutama di bidang perangkat keras dan konektivitas internet, telah menjadi pendorong utama di balik kemajuan pesat ini.

Lebih Jauh Tentang Game Mobile


Game mobile memiliki beragam genre dan gameplay, dan sering kali dirancang agar sesuai dengan layar sentuh perangkat seluler. Namun, ada salah satu game mobile paling awal yang tidak dirancang dalam perangkat seluler berlayar sentuh namun terkenal adalah Tetris, yang pertama kali muncul pada ponsel Hagenuk MT-2000 pada tahun 1994. Game ini dikembangkan oleh Alexey Pajitnov.

Game mobile telah mendorong perkembangan teknologi seluler. Prosesor yang lebih kuat, grafis yang lebih canggih, dan konektivitas yang lebih baik memungkinkan pengembang untuk menciptakan pengalaman gaming yang semakin menakjubkan. Ini menciptakan tekanan bagi produsen perangkat seluler untuk terus mengembangkan perangkat yang mampu menjalankan game mobile dengan lancar.

Game mobile telah merubah bagaimana kita mengisi waktu luang. Dalam perjalanan pulang, di tempat kerja, atau saat menunggu di dokter, banyak dari kita memilih untuk memainkan game mobile sebagai hiburan. Selain itu, game mobile sering digunakan sebagai alat pelarian dari stres dan tekanan sehari-hari.

Perkembangan Teknologi Game Mobile

1. Grafis dan Kinerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun