Mohon tunggu...
Oktavania Dwi Ade Mugiasih
Oktavania Dwi Ade Mugiasih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nature Enthusiast

Work, Pray and be grateful

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

FH Unej Bersinergi dengan Pengadilan Negeri Jember untuk Dukung MBKM Magang Terstruktur. Apa saja Kegiatannya ?

22 Januari 2022   23:18 Diperbarui: 2 Februari 2022   17:17 281 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

        Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah kesempatan emas yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja, MBKM tidak hanya memberikan kemampuan softskill maupun hardskill kepada mahasiswa yang mengikuti juga membuka peluang untuk kerjasama-kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya maupun instansi pemerintah dan swasta. 

Program magang terstruktur ini adalah salah satu kegiatan yang bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengenali dunia kerja yang sesungguhnya agar ketika lulus telah siap menjadi tenaga kerja yang berkompenten dibidangnya. Dengan program tersebut diharapkan Mahasiswa dapat bersikap terampil, disiplin, kreatif, tekun dan jujur serta mempunyai etos kerja yang tinggi terhadap pekerjaan yang dihadapi. Ilmu yang didapatkan dari kegiatan magang ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja secara langsung.Dengan adanya kegiatan Magang Terstruktur MBKM ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan menggabungkan antara materi yang diterima selama mengikuti perkuliahan dengan praktek yang terjadi di lapangan, apakah praktek kegiatan di lapangan sama dengan materi yang telah didapatkan atau berbeda serta mendalami bidang-bidang dan ilmu yang tidak didapatkan selama menempuh kuliah.

          Magang terstruktur MBKM ini adalah kegiatan hasil dari realisasi Program Kompetisi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang mendapatkan dana hibah dari Ditjen Kemendikbudristek. Untuk pertama kali dilaksanakan dalam lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember secara penuh yang menyasar berbagai program pembelajaran diluar program studi.

         Magang Terstruktur di Pengadilan Negeri Jember merupakan salah satu Pelaksanaan Program MBKM yang dimaksudkan bahwasanya mahasiswa dapat mengetahui dan memahami praktek di lapangan tentang bagaimana cara dan proses beracara di Pengadilan Agama, mulai dari tahapan pengajuan gugatan/permohonan di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), proses peradilan mulai dari tahapan Pemeriksaan berkas perkara oleh hakim, Pembuktian, Putusan dan Eksekusi.

         Adanya kegiatan Magang Terstruktut di Pengadilan Negeri Jember khususnya, diharapkan setelah mahasiswa selesai melaksanakan pendidikan, maka para mahasiswa dapat berperan aktif dalam memberikan pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat tentang beracara di Pengadilan khususnya di Pengadilan Negeri Jember. Disisi lain, dengan adanya kegiatan Magang Terstruktur ini juga, para mahasiswa tidak akan kesulitan ketika terjun di dunia kerja khususnya di bidang hukum, karena telah memperoleh pengetahuan pada saat pelaksanaan Praktek Kuliah Lapangan.

          Magang Terstruktur merupakan program MBKM yang diadakan oleh fakultas Hukum Universitas Jember. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jember dengan jumlah mahasiswa 24 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dengan adanya kegiatan Magang Terstruktur ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi yang telah dipelajari diperkuliahan terhadap kinerja di lapangan.

Lalu Apa saja Kegiatan mahasiswa saat mengikuti program Magang terstruktur di Pengadilan Negeri Jember ?

Pada saat melakukan magang 24 Mahasiswa tadi dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang dengan didampingi oleh satu orang mentor  yang ditunjuk oleh Pengadilan negeri jember.

Mahasiswa FH Unej diberikan 5 divisi yang terdiri dari Kepaniteraan Perdata, Kepaniteraan Pidana, Kepaniteraan Hukum, Panitera Pengganti, serta Ruangan Arsip. Setiap kelompok akan menempati 1 (satu) divisi untuk mengenali tugas-tugas yang ada didalam divisi tersebut, kemudian setiap 2 minggu sekali mahasiswa melakukan rotasi divisi agar semua dapat mengetahui tugas dan fungsi masing-masing dari divisi yang ada di Pengadilan Negeri Jember. Tidak cukup sampai disitu, Mahasiswa juga diberikan kesempatan mengikuti sidang dengan menjadi pembantu dari Panitera. Setiap 1 orang panitera dibantu oleh 2 mahasiswa.

Berikut deskripsi singkat mengenai kegiatan Magang Terstruktur yang penulis ikuti  di Pengadilan Negeri Jember.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan