Mohon tunggu...
Okta Chandra RK
Okta Chandra RK Mohon Tunggu... Guru - Pengisi Materi di Belajar Bareng Okta Channel

Suka matematika, sekaligus mengajar matematika. Saya juga mengelola blog mathclinic.my.id dan juga channel youtube belajar bareng okta yang berisi seputar matematika. Saya juga sedang mengembangkan blog ladangilmu.my.id

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

7 Sifat Persegi Panjang yang Perlu Kamu Ketahui

2 Januari 2023   20:15 Diperbarui: 2 Januari 2023   20:16 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

7 Sifat Persegi Panjang yang Perlu Kamu Ketahui

 

Hai math lovers. Sebelumnya kita sudah membahas tentang persegi. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang persegi panjang. Persegi panjang merupakan bangun datar yang termasuk segi empat. Ada sekitar 6 bangun, salah satunya adalah persegi panjang. Setiap bangun memiliki ciri dan sifatmasing-masing yang hampir mirip.

Agar memudahkan kita dalam membedakan bangun persegi panjang dengan segi empat lainnya, saya sudah merangkum 7 sifat persegi panjang yang perlu kamu ketahui. Yuk langsung saja disimak, jika perlu di catat ya.

1. Sifat Sisi 1
Sifat yang pertama adalah sifat sisi. Seperti bangun segi empat lainnya, persegi panjang juga memiliki 4 sisi. Ciri khusus dari persegi panjang adalah memiliki 2 pasang sisi berhadapan yang saling sejajar.  Seperti yang tampak pada gambar berikut :

Foto : ig @belajarbarengokta

2. Sifat Sisi 2
Sifat yang kedua masih tentang sifat sisi. Pada pembahasan sebelumnya, persegi panjang memiliki 2 pasang sisi yang saling berhadapan, nah sisi-sisi yang saling berhadapan itu memiliki panjang yang sama. Perhatikan ilustrasi pada gambar berikut:

Foto : ig @belajarbarengokta

3. Sifat Sudut
Sifat yang ketiga adalah sifat sudut. Persegi panjang memiliki 4 sisi yang saling berpotongan dan membentuk bangun persegi panjang, sehingga dari setiap perpotongan 2 sisi terbentuk sebuah sudut. Maka persegi panjang memiliki 4 buah sudut yang sama besar, yaitu 90o atau keempat sudutnya siku-siku. Perhatikan gambar berikut:

Foto : ig @belajarbarengokta

Baca juga: Kau

4. Sifat Diagonal 1
Sifat yang keempat adalah sifat diagonal. Setiap bangun segi empat memiliki 2 buah diagonal, persegi panjang juga memiliki 2 diagonal. Kedua diagonnal persegi panjang memiliki panjang yang sama. Untuk lebih mempermudah pemahaman, bisa dilihat ilustrasi berikut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun