Mohon tunggu...
OKOCE
OKOCE Mohon Tunggu... Gerakan sosial penciptaan lapangan kerja.

Kunjungi kami www.okoce.net

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

8 Kiat Sukses Usaha Kuliner Ala Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE

9 April 2021   12:23 Diperbarui: 9 April 2021   12:49 38 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Kiat Sukses Usaha Kuliner Ala Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE
Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE Indonesia. Dok:Pribadi

Anda memerlukan kiat sukses usaha kuliner agar kedai yang dikelola dapat berkembang dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan secara detail. Jangan sepelekan hal-hal kecil, sebab bisa berpengaruh pada usaha kuliner anda. Diperlukannya juga perencanaan yang tepat serta konsistensi dalam menjalankannya.

Berikut ini 8 kiat sukses bisnis kuliner yang perlu dilakukan. Ketika merintis usaha kuliner, pemilihan tempat yang strategis bukan hanya salah satu aspek yang perlu perhatian khusus. Agar usaha anda dapat berkembang, perhatikan pula detail-detail seperti menu masakan, konsep dan desain interior, hingga pelayanan yang diberikan. Selain itu, anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar tepat sasaran.

1. Lakukan Riset

Penting bagi anda untuk melakukan riset mengenai usaha yang akan dirintis. Ini merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Lakukan penelitian mengapa banyak bisnis kuliner di tempat tersebut sulit untuk berkembang. Anda bisa dengan mengunjungi tempat tersebut dan usaha kuliner yang berada di sekitar lokasi.

Ketika telah melakukan riset, bukan tidak mungkin anda menemukan titik permasalahannya. Bila telah menemukan permasalahannya, anda bisa memperbaiki hal tersebut. Sehingga anda bisa melakukan penanganan yang tepat untuk kedai. Kiat sukses usaha kuliner ini, hal pertama yang penting untuk dilakukan.

2. Buat Perencanaan Usaha

Dengan melakukan perencanaan mengenai usaha yang tengah digeluti, dapat meminimalisir ketidakefisienan. Perencanaan yang matang akan membuat usaha anda lebih terarah. Dari segi keuangan atau modal misalnya. Bila anggaran terancang dengan sempurna, maka tidak akan ada pengeluaran yang dirasa sia-sia. Selain itu, buat pula rencana mengenai target usaha anda. Dengan begitu, akan lebih memotivasi anda untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

3. Menu Makanan dan Minuman

Poin yang paling penting adalah mengenai menu makanan dan minuman di kedai anda. Tentukan menu makanan yang mampu memanjakan lidah pengunjung. Cita rasa makanan merupakan hal yang paling penting. Pilih menu makanan yang dirasa sangat cocok untuk teman bersantai atau nongkrong bersama teman. Tidak perlu memberikan banyak variasi makanan, karena itu bisa membingungkan pengunjung. Jangan lupa untuk memperhatikan cara penyajian makanan, baik itu tampilan masakan maupun cara menyuguhkannya kepada pelanggan.

Pada kiat sukses usaha kuliner ini, jangan hanya terfokus dengan trend makanan atau minuman saat ini. Karena trend sekarang bisa terhapus atau tergantikan dengan trend-trend terbaru. Mungkin awalnya banyak orang akan berkunjung, namun ketika popularitas makanan tersebut terganti orang-orang akan berpindah haluan. Untuk itu, pilih menu makanan yang unik dan bisa mencerminkan kedai anda.

4. Konsep dan Desain Interior

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN