Mohon tunggu...
Oke Dwiraswati
Oke Dwiraswati Mohon Tunggu... Apoteker - Seorang abdi negara, pembelajar sejati, dan berharap selalu dapat memberikan manfaat untuk sesama

Instagram: okedwiraswati98 ; Facebook: oke dwiraswati ; sites.google.com/view/1610-files

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Suplemen Kesehatan Saat Pandemi, Efektifkah?

11 September 2021   19:15 Diperbarui: 12 September 2021   18:55 506 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suplemen Kesehatan Saat Pandemi, Efektifkah?
Ilustrasi suplemen kesehatan. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Suplemen Kesehatan adalah produk yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan. Suplemen Kesehatan mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis dan mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat terkait penggunaan Suplemen Kesehatan. Tidak semua orang membutuhkan Suplemen Kesehatan. Untuk mendapatkan asupan kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan, sebenarnya kita hanya perlu makan sehat dan diet gizi seimbang. 

Mengonsumsi Suplemen Kesehatan secara tidak tepat akan membahayakan kesehatan. Mengonsumsi suplemen dengan jenis apapun yang melebihi tingkat batas atas asupan akan sangat berisiko bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, pemberian suplemen makanan pada anak dengan kondisi sehat tidak berpengaruh secara signifikan.

Suplemen Kesehatan yang aman dikonsumsi adalah yang sudah terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena sudah dievaluasi keamanan, manfaat/khasiat, dan mutunya. 

Suplemen Kesehatan dilarang dalam bentuk sediaan intravaginal, tetes mata, parenteral, dan suppositoria. Jadi, jika ada produk dengan bentuk sediaan tersebut diklaim sebagai Suplemen Kesehatan, sudah pasti tidak terdaftar di BPOM. 

Kapan Saatnya Suplemen Kesehatan Dibutuhkan? 

Suplemen Kesehatan hanya diperlukan pada kondisi tertentu. Berikut hal-hal yang perlu diketahui: 

  • Tidak direkomendasikan mengonsumsi rutin Suplemen Kesehatan jika nutrisi yang diperlukan tubuh sudah terpenuhi oleh makanan sehari-hari .
  • Konsumsi Suplemen Kesehatan diperbolehkan apabila mengalami kekurangan gizi.
  • Sebelum mengonsumsi Suplemen Kesehatan, hal pertama yang harus dilakukan adalah berusaha meningkatkan asupan nutrisi terlebih dahulu. 
  • Disarankan memeriksa kembali pola diet, bisa dengan menulis jurnal makanan selama beberapa hari untuk mencatat jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi.
  • Jika sudah memperbaiki pola makan, namun tetap ingin mencoba Suplemen Kesehatan, disarankan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk melakukan tes kesehatan, mengetahui jumlah nutrisi yang kurang, dan memastikan suplemen kesehatan yang perlu kita konsumsi dalam jumlah yang tepat.

Konsumsi Suplemen Kesehatan Saat Pandemi, Apakah Efektif 

Sebagai upaya untuk terhindar dari pandemi COVID-19 saat ini, masyarakat lebih memilih mengonsumsi Suplemen Kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan pada awal masa pandemi, produk Suplemen Kesehatan sangat laris manis di pasaran dan sempat terjadi kekosongan stok di apotek, toko obat, ataupun di toko-toko online. Lalu apakah hal ini efektif untuk mencegah kita terinfeksi COVID-19? 

Ilustrasi Foto Konsumsi Suplemen Kesehatan (Gambar oleh Bruno /Germany dari Pixabay) 
Ilustrasi Foto Konsumsi Suplemen Kesehatan (Gambar oleh Bruno /Germany dari Pixabay) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan