Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Makan Makanan dan Buah-Buah Lokal Ini, Niscaya Diabetes dan Gula Darah Minggat

27 September 2022   22:45 Diperbarui: 28 September 2022   03:48 229 20 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kadar gula darah. Sumber: Kompas.com

IDF (International Diabetes Federation) mencatat pada tahun 2021, ada 236 ribu orang di Indonesia mati karena diabetes. Sementara itu dalam pemeringkatan IDF, Indonesia berada di peringkat keenam dunia kematian tertinggi (databox.katadata.co.id. Indonesia berada di bawah Tiongkok, Amerika Serikat, India, Pakistan, dan Jepang.

Kasus Kematian Akibat Diabetes per tahun di setiap Negara. Sumber: katadata.co.id
Kasus Kematian Akibat Diabetes per tahun di setiap Negara. Sumber: katadata.co.id
Menurut IDF, penyakit diabetes telah menyebabkan jutaan masyarakat dunia telah kehilangan nyawa mereka. Dan seperti yang kita tahu, diabetes adalah penyakit gula kronis di mana pengidapnya tidak mampu lagi mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan mengubahnya menjadi energi.

Gula darah memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh yaitu untuk menyuplai energi dalam tubuh. Gula darah rendah akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Demikian pula sebaliknya, bila gula darah tinggi pun akan menimbulkan masalah.

Lalu berapa kira-kira gula darah yang normal di dalam tubuh?

Gula darah yang normal di dalam tubuh tidak boleh lebih dari 100 mg/dL. Seseorang akan dikatakan telah memasuki tahap prediabetes bila kandungan gula darahnya telah berada di antara 100 hingga 125 mg/dL. Dan jika gula darah seseorang telah berada di atas rata-rata itu maka orang tersebut telah menderita diabetes kronis.

Jika sudah terjadi seperti demikian, maka seseorang akan mengalami masalah yang serius untuk kesehatannya. Karena itu, untuk menjaga stabilitas gula darah dalam tubuh, beberapa makanan lokal berikut ini sangat bagus.

Pertama, ubi jalar. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ubi jalar memiliki kadar glikemik yang rendah. Tidak diragukan lagi ubi jalar adalah makanan sehat dan bergizi dengan skor glikemik yang rendah.

Dalam sebuah buku yang berjudul Healing Foods, dikatakan bahwa ubi jalar adalah obat herbal untuk penyakit diabetes.

Ubi jalar mengandung berbagai zat yang sangat berguna untuk tubuh. Ada zat besi, vitamin A, beta karoten, dan sumber protein nabati yang membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensivitas insulin.

Kedua, buah beri. Tumbuhan satu ini banyak dijumpai dan memiliki banyak jenisnya. Salah satu jenis yang biasa saya temui di tempat asal saya adalah mulberry. Bila warna buanya sudah menghitam maka akan menghasilkan rasa yang manis. Cita rasanya yang manis inilah yang membuat buah berry jenis ini sering diolah menjadi sirup maupun selai.

Buah ini kaya akan zat besi dan kaya akan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Berry mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu mencegah terjadinya stres oksidatif yang selalu berhubungan dengan terjadinya resistensi insulin dan berbagai masalah kesehatan kronis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan