Mohon tunggu...
Octivany ayuSalsabila
Octivany ayuSalsabila Mohon Tunggu... Koki - food , music and games

sharing,caring and loving each others. instagram : @octivany.ayu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Online, Efektifkah?

28 Juni 2021   15:01 Diperbarui: 28 Juni 2021   15:02 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Online, Efektifkah?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak di umumkan bahwa perkuliahan dan kegiatan belajar -mengajar secara langsung ditiadakan, para mahasiswa/I pun menjalani masa kuliah melalui online class seperti meeting via zoom, unggah materi via telegram, dan quiz melalui website .

Terkadang tak pula banyak mahasiswa/I merasakan betapa jenuhnya suasana belajar dirumah yang dirasa kurang efektif. Banyak beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar selama dirumah menjadi tidak efektif. Seperti kondisi lingkungan sekitar, suasana, koneksi internet hingga tempat yang tidak memadai. Tak jarang meeting via zoom dirasa kurang efektif dikarenakan banyak mahasiswa yang enggan memperhatikan materi yang disampaikan karena tidak adanya minat dan daya Tarik, ditambah lagi terkadang koneksi yang kurang stabil hingga proses penyampaian tidak dapat diterima.

Kini tidak terasa sudah kurang lebih setahun lebih merasakan perkuliahan tanpa bertatap muka secara langsung baik dengan dosen maupun teman kuliah. Meskipun terdapat beberapa kekurangan yang terdapat selama perkuliahan di masa pandemi ini, namun terdapat pula sisi baiknya dimana kami memiliki waktu luang lebih sehingga dapat menjalankan bisnis/ usaha, mencari pekerjaan sampingan, hingga waktu luang lebih dengan keluarga terdekat dan menjalani hobi yang selama ini tersirat dan belum sempat diasah.

5 tips mengatasi jenuh saat kuliah:

  • Jalani perkuliahan di ruangan ternyaman versi kamu (boleh di ruang tamu,ruang kerja, atau ke café dengan suasana yang nyaman dan sepi pun menjadi pilihan yang bagus)
  • Disaat jam istirahat / break kamu dapat memanfaatkan waktu luangmu untuk sekedar refresh dengan mendengarkan musik, bermain game hingga menonton video
  • Untuk menghindari rasa kantuk , bisa sediakan coffee atau permen
  • Beri hiasan pada buku catatanmu agar terlihat menarik!
  • Dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup

Di masa pandemi ini kita harus selalu siap siaga, patuhi protokol kesehatan dan jaga istirahat agar tubuh dalam kondisi terbaik. Salam Semangat untuk para pejuang penerus bangsa!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN