Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini
Abstrak
Mendidik anak di usia dini merupakan hal yang penting bagi seorang anak, di usia dini seorang anak dapat mengelola pembelajaran dengan baik di mana seorang anak memiliki perkembangan otak yang cukup pesat dalam segala bentuk pendidikan, sehingga dapat mencerna dengan benar dan baik. Dengan memberikan pendidikan terhadap anak dari usia dini itu merupakan sebuah bekal penting bagi seorang anak dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan, baik secara akademis maupun kehidupan berbangsa dan bernegara nantinya.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Pendahuluan
Mendidik anak di usia dini sangat lah penting dilakukan sebagai dasar dalam pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu terbentuknya karakter, budi pekerti luhur, cerdas dan terampil. Pembentukan karakter pribadi anak sebaiknya dimulai dalam keluarga, karena seorang anak memulai interaksinya dengan orang lain yang pertama yaitu dengan keluarga sendiri. Adapun berinteraksi  disekolah itu merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter, karena kontribusi seorang guru di sini sangat dominan. Peran guru sangat strategis dalam pembentukan pribadi anak karena tugas guru tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik.
Melalui pendidikan karakter bukan hanya membuat seorang anak mempunyai akhlak yang mulia, akan tetapi juga dapat meningkatkan keberhasilan akademiknya. Pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu seorang anak untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara serta membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan.
A.Konsep pendidikan karakter
Pendidikan karakter merupakan suatu usaha seseorang yang secara sadar untuk mendidik dan memberdayakan sebuah potensi seorang peserta didik dalam membentuk sebuah karakter pribadinya sehingga bisa menjadi individu yang bermanfaat bagi lingkungan, terutama untuk diri sendiri. Tujuan pendidikan karakter yaitu untuk menanamkan sebuah nilai karakter tertentu seorang peserta didik yang di dalamnya terdapat sebuah komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta menerapkan nilai-nilai tersebut.
Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan mana yang benar mana yang salah, tetapi pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik sehingga seorang anak menjadi paham tentang mana yang benar mana yang salah, serta mampu merasakan nilai yang baik dan mampu melakukannya. Akan tetapi pendidikan karakter dan pendidikan moral memiliki tujuan yang sama, yaitu membentuk dan melatih kemampuan seseorang secara terus menerus untuk menyempurnakan diri ke arah yang lebih baik untuk masa depannya nanti.
B.Pendidikan karakter anak usia dini