Mohon tunggu...
Anisah Widyastuti
Anisah Widyastuti Mohon Tunggu... Penulis - Blogger|influencer|enterpreneur

Anisah adalah seorang blogger yang menyukak film Korea. Suka makan dan masak,memiliki kepribadian Insting,suka menolong.

Selanjutnya

Tutup

Love

Suami Istri Itu Harus Saling....

6 Desember 2022   16:46 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:01 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

21/11/2022-14.59

Do'akan rumah tangga kami selalu menjadi Sakinah Mawaddah Wa Rahmah.
"Seorang suami marah,saat mengetahui istrinya makan duluan,karena menurut sang suami,dia makan-makanan bekas"

Bagaimana menurut sahabat Wijayastuti? Kalau aku cukup kaget,karena sebegitunya. Bisa saja kan,istrinya menderita sakit mag dan harus segera makan sementara suaminya lembur atau terlambat pulang dan tidak mrngabari. Pastinya juga sang istri sudah memisahkan bagian untuk suaminya sebelum dia makan.

Ada lagi di Melayu, adatnya, wanita dilarang untuk makan duluan,atau mengambil nasi dan lauk terlebih dahulu saat makan bersama. Wanita harus mengecek apakah ada yang kurang atau tidak, setelah mencukupi barulah mereka boleh makan, lelaki pun dilarang untuk mencuci piring. Wah, kesetaraan gendernya dimana ya?

Menggambarkan bagaimana seorang suami dan istri di Asia.
Jadi inget film Kim Ji Young: Born 1982  yang sudah aku review nih. Dalam film Korea  ini menampilkan bagaimana perbedaan seorang perempuan dan laki-laki. Wanita dilarang bekerja, mengurus rumah itu lebih baik. Wanita harus selalu melayani dan mengurus anak, sementara suaminya dilarang menemani istri melahirkan dan mengurus anak karena berujung pada kehancuran karir. Kim Ji Young merasa rendah diri dan tidak ada apa-apanya dibandingkan teman-temannya dahulu karena mertuanya tidak mendukung dia bekerja,sejak memiliki anak.

Film india Ammu, soal bagaimana suami bersikap pada istrinya.
Di India pun dalam film Ammu yang baru saja rilis pun sama. Wanita selalu diletakkan lebih rendah dari pria. Dipukuli jika tidak sesuai dengan keinginan suami,dibentak jika tidak mengerti atas apa yang disampaikan oleh suaminya.

Di Indonesia pun tak jauh beda dengan Malaysia, Korea dan India,karena masih satu Asia. Dulu waktu saya mengajar di salah satu sekolah di Depok,ada ekspatriat dari Australia, Collin namanya. Dia selalu marah kalau kami,teman-teman wanitanya mengambilkan dia makanan atau minuman.  Suatu kali dia pernah bilang " Hey Nisa,I can take it by my self I'm not disabled". Wedeh,beda bener sama lelaki Asia pada umumnya. Karena aku terbiasa melihat ibuku melakukan hal yang seperti itu pada bapakku,melayani keperluan sehari-hatinya terutama menyiapkan makanannya. Collin juga mengatakan hal yang sama pada teman-teman guru wanita yang lain, sampai akhirnya kami terbiasa dan membiarkan Collin mandiri.

Budaya Barat dan Timur memang berbeda dalam memperlakukan gender, bahkan dalam rumah tangga. Di sekolah yang satunya lagi tempat aku mengajar di bilangan Pondok Labu. Ada suami istri guru yang ekspatriat,mereka  membagi tugas dalam rumah tangga mereka,buat aku itu amazing banget,hmm suaminya orang Indonesia sih orang Padang,jadi menurutku hebat juga nih break the rules lelaki Asia.

Kalau aku dan suami, kami juga bagi tugas, waktu aku sedang sakit, suamiku gak segan-segan untuk mencuci piring. Sekarang pun urusan mencuci baju suamiku dan setrika aku. Urusan bersihin kipas angin dia, Menitiin atau masang sprei dia, alhamdulillah suamiku masih mau turun ke dapur. Intinya saling dikomunikasikan aja sih sama paksu,cuma dia gak berani urus tanaman karena takut ada cacing,hihi. Kalo urusan sama kecoa aku yang takut,dan suami yang siap sedia membantu,auto mati deh kecoa di tangan suamiku,hehe.

Sebenarnya gimana sih dalam Al-Qur'an,hubungan suami dan istri itu?

Menurut Ustadz Adi Hidayat (adik kelas aku waktu di Pesantren nih,hihi,kakak kelasnya mah masih okem,maklum cuma 3 tahun doang,jadi ilmunya baru setengah,hehe).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun