Mohon tunggu...
Nyayu Fatimah Zahroh
Nyayu Fatimah Zahroh Mohon Tunggu... Ilmuwan - Everything starts from my eyes

Coba sekekali lihat ke langit setiap hari, dan rasakan betapa membahagiakannya \r\n\r\nhttp://nyayufatimahzahroh.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Perhatikan Ini Sebelum Buat Visa ke Inggris

28 Juli 2022   02:23 Diperbarui: 2 Agustus 2022   16:25 1453 18 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebagai destinasi wisata, negara Inggris memiliki daya tarik tersendiri dibanding negara-negara Eropa lainnya (SHUTTERSTOCK/Maramade via KOMPAS.com)

Dalam pengajuan visa UK, intinya adalah dalam rekening kita sudah sesuai dengan perkiraan biaya perjalanan kita.

Sebagai destinasi wisata, negara Inggris memiliki daya tarik tersendiri dibanding negara-negara Eropa lainnya. Selain karena bangunan-bangunan tua yang kaya akan sejarah, Harry Potter, dan The Beatles, Inggris menjadi destinasi impian para pencinta bola liga Inggris.

Inggris juga memiliki universitas-universitas top dunia seperti University of Oxford, University of Cambridge, dan Imperial College London. Empat dari 10 universitas top di dunia merupakan universitas yang berada di Inggris. Jadi jangan heran banyak orang berburu untuk bersekolah di negeri Ratu Elizabeth ini.

Sayangnya, untuk bisa masuk ke Inggris kita memerlukan visa, dan untuk mengurusnya gampang-gampang susah. Bahkan suami saya pernah ditolak visanya. Hikmahnya, dapat membantu orang-orang yang mau mengajukan visa sehingga mengurangi kesalahan yang sama saat mengajukan visa.

Jadi kali ini saya akan memberikan tips dalam mengajukan visa visitor, visa yang diperuntukan untuk perjalanan sementara seperti wisata atau kunjungan keluarga yang memiliki durasi kurang dari 6 bulan.

Pengajuan Visa Ditolak

Kenapa visanya ditolak? Ya, awalnya saya pun tidak menyangka akan ditolak, karena menurut informasi dari internet, presentase visa visitor ditolak sangat kecil kurang dari 10 %. Namun ternyata, hal ini karena kami (saya dan suami) terlalu jujur dalam mengisi aplikasi. Loh? Memang harus bohong?

Dibanding terlalu jujur, kami kurang persiapan dan mengisi aplikasi visa seadanya, sesuai dengan kondisi pada saat itu. Karena setelah berkonsultasi dengan kawan yang pernah mengajukan visa visitor, sebenarnya persyaratan kami telah terpenuhi. Namun, kami tidak mempertimbangkan, pengajuan visa visitor suami terbilang tidak biasa, terutama dilihat dari durasinya. 

Suami mengajukan visa visitor dengan jangka yang lumayan panjang lebih yaitu 3 bulan. Hal ini berbeda dengan kawan saya yang hanya berencana liburan kurang dari 1 bulan.

Apply Visa Jauh-Jauh Hari

Sekarang perjalanan wisata luar negeri sudah hampir normal, termasuk UK. Hal ini berdampak semakin banyak pengajuan visa UK dari berbagai negara dan bertambahnya waktu yang dibutuhkan dari pengajuan visa hingga pengumuman diterima/ditolaknya pengajuan visa. 

Untuk regular, biasanya permohonan selesai dalam waktu 15 hari kerja. Namun, pada awal tahun 2022, prosesnya molor hingga 28-30 hari kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan