Mohon tunggu...
Noviana WindyaApriliany
Noviana WindyaApriliany Mohon Tunggu... Samlekom guiss

Ig : nvnawd

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cegah Covid-19 dengan Cara yang Mudah

18 Juni 2021   15:42 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:08 19 1 0 Mohon Tunggu...

Musibah adalah suatu peristiwa menyedihkan yang menimpa manusia kapan saja dan tidak ada salah satu orangpun mengetahuinya akan kedatangan suatu musibah. 

Seperti pada saat ini adalah terjadi pandemi COVID- 19 yang melanda di seluruh dunia saat ini. Sebelumnya juga kita tidak tahu akan datangnya pandemi ini,dan waktu berakhirnya pandemi ini kita pastinya juga tidak bisa mengetahuinya,hanya melalui prediksi yang pastinya belum tentu benar dan pasti. COVID-19 (coronavirus disease 2019) merupakan penyakit yang disebabkan oleh sejenis corona virus baru yaitu Sars-CoV-2, yang pertama kali ditemukan di Wuhan Tiongkok.

Gejala jika terkena virus ini menyerupai saat kita terkena sakit flu,gejala tersebut antara lain,demam tinggi dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius,batuk kering,badan lemas,sakit pada tenggorokan,sesak atau kesulitan bernapas,dan sakit kepala. Namun,berjalannya waktu muncul perdebatan ilmiah dan penelitian yang tengah berlangsung mengenai penularan yang diturunkan dari pembawa asimptomatik.

Ini sangat berbeda dari pra-gejala, yang berarti seseorang tidak menunjukkan gejala pada tahap awal penyakit tetapi bisa mengembangkannya nanti. Seseorang yang tidak memberikan gejala ini,waktu antara infeksi dan munculnya gejala dapat berkisar dalam waktu 1-14 hari.

Cara melindungi diri dari virus ini ada beberapa cara yang pertama,melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer lalu digosokkan ke seluruh permukaan tangan hingga merata. Ke dua hal tersebut dilakukan ketika setelah berpergian,hendak menyentuh barang,dan ketika akan memasuki suatu ruangan.

Cara melindungi diri yang ke dua yaitu dengan cara kita menggunakan masker ketika keluar rumah. Hal ini juga sangat penting dilakukan karena membantu mencegah droplet yang kita keluarkan saat batuk, berbicara atau bersin tidak mengenai orang lain. Selain itu menggunakan masker juga dapat mencegah kita dari kebiasaan menyentuh wajah dan menjadi pengingat untuk mempraktikan phisycal distancing.

Cara melindungi diri yang terakhir dengan menghindari untuk menyentuh muka, hidung dan mata sebelum mencuci tangan atau sebelum tangan bersih.

Semua upaya perlindungan diri ini sangatlah membantu kita semua dalam hal penyebaran virua corona. Dengan melindungi diri sendiri pastinya juga akan berdampak baik pula untuk kita semua. Dan semua ini juga perlu adanya kerja sama dan kekompakkan kita bersama.

VIDEO PILIHAN