Mohon tunggu...
Mas Nuz
Mas Nuz Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis biasa.

hamba Alloh yang berusaha hidup untuk mendapatkan ridhoNya. . T: @nuzululpunya | IG: @nuzulularifin

Selanjutnya

Tutup

Mudik Cerdik

Inilah Wajah Utama Gawaiku

3 Juni 2019   22:31 Diperbarui: 3 Juni 2019   22:37 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan layar utama gawaiku. (dok. pribadi)

Bicara liburan. Tak akan lengkap bila tak ditemani gawai. Bicara gawai. Tak akan lepas dari isi di dalamnya.

Sebagaimana liburan Idul Fitri kali ini. Aplikasi-aplikasi android penting, menemani ke mana saya pergi. Tentu saja dengan gawai yang saya bawa. Sebab sebagai content creator, gawai adalah sebagian dari nafasnya. Cieciecie...

Bicara liburan sepertinya 'agak wagu' bagi saya. Aneh. Lha wong antara libur dan kerja. Tak terlalu memiliki batasan yang jelas. Hahaha...

Namun tak ada salah berbagi pengalaman. Siapa tahu para pembaca mendapatkan manfaat. Dari tulisan saya ini. Tentang manfaatnya mengunduh aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi di dalam gawai saya tak terlalu banyak sebenarnya. Karena saya hanya mengunduh aplikasi yang aplikatif. Terkadang beberapa aplikasi saya unduh bersifat sementara saja. Saat saya membutuhkan. Bila sudah tidak, langsung saya copot.

Sebagaimana 11 aplikasi yang nampang di layar utama gawai. Diantaranya adalah:

  1. Al-Qur'an Indonesia. Menjadi penolong saya saat mengalami kesedihan. Menjadi tuas rem bagi saya saat bergembira. Sekaligus mengisi ruang waktu dan hati yang sedang kosong.
  2. LGoogle. Isinya macam-macam yang berhubungan dengan Google. Aplikasi yang membantu saya saat melaksanakan pekerjaan.
  3. Open Camera. Aplikasi yang bisa menceritakan kegiatan yang sedang saya lakukan. Meski hanya lewat gambar. Sebab lokasi dan kondisi cuaca kekinian dapat diketahui. Terutama oleh 'big boss'. Tahulah big boss itu siapa? Hahaha...
  4. Tokopedia. Lapak dagangan ada di sini. Plus kalau mau belanja-belanja pulsa, tagihan, dan lainnya bisa di sini. Meski toko sebelah juga punya. Tapi duitnya yang paling banyak di sini.
  5. Kalender. Nah, berhubung faktor 'U' berpengaruh secara signifkan. Maka hampir seluruh agenda penting, saya catat di aplikasi ini. Bisa memberikan peringatan. Agenda wajib agar terlaksana dengan baik.
  6. WhatsApp. Saya yakin, hampir sebagian besar Kompasianer gunakan aplikasi ini. Ya apa ya hayo...
  7. Kamera. Aplikasi ikutan dari gawai. Tanpa aplikasi ini. Dunia rasanya kurang berwarna deh. Hihihi...
  8. Gojek. Aplikasi angkutan daring yang sudah masuk sampai ke desa saya. 
  9. Grab. Aplikasi angkutan daring 'temannya' tadi. Paling sering ngasih promo. Patenlah pokoknya.
  10. OVO. Ini adalah aplikasi 'saudaranya' Grab dan Tokopedia.  Tabungan darurat banyak saya simpan di sini. Sebab sangat simpel untuk berbagai transaksi keungan dalam jumlah kecil.
  11. YouTube Go. Aplikasi yang bisa buat kerja. Sekaligus bisa buat belajar dan hiburan.

Sebenarnya masih ada halaman ke-dua dan ke-tiga. Tapi tak akan habis waktu untuk bercerita. Bila harus saya tulis semua di sini. Termasuk beberapa aplikasi rahasia. Yang seharusnya Anda tak perlu tahu. Haiisss...Huahahaha....

Mohon tunggu...

Lihat Mudik Cerdik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun