Mohon tunggu...
nutriflakes
nutriflakes Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sereal asam lambung

Nutriflakes merupakan produk makanan sehat (super food) berbentuk bubur sereal yang memiliki manfaat untuk penyebuhan asam lambung, pencernaan, antivirus, antiinflamasi, meningkatkan antibody, mengontrol kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pola Makan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung

20 September 2021   14:11 Diperbarui: 20 September 2021   14:16 69 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pola Makan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung
(Sumber:Halodoc)

Penyakit Asam Lambung merupakan penyakit yang menyerang lambung  dikarenakan kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan sakit, mulas dan perih pada perut serta b perasaan terbakar pada ulu hati. Penyakit maag ini disebabkan oleh pola makan yang salah atau pola makan yang tidak teratur dan tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah pola makan yang perlu diterapkan agar penyakit asam lambung tidak Kembali menyerang. 

Adapun Ciri Ciri asam lambung yang sering dirasakan oleh penderitanya berupa rasa terbakar di dada (heartburn), nyeri atau perih pada ulu hati, kesulitan menelan, mual dan muntah, keluarnya isi lambung berupa makanan, atau cairan asam atau pahit, batuk-batuk atau sesak napas yang tidak kunjung berhenti. Jika sudah merasakan gejala diatas kita dapat waspada terhadap indikasi asam lambung,lantas bagaimana cara untuk mencegah dan  mengatasi keluhan asam lambung ? Berikut adalah cara untuk mencegah dan mengatasi keluhan asam lambung dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Frekuensi Makan

Menurut (Warmbrand, 2000), "Pola makan yangbaik adalah dengan memulai sarapan pagi sebelum beraktifitas, makan siang sebelum ada rangsangan lapar dan makan malam sebelum tidur"

Jadwal makan yang teratur seperti terlambat makan atau menunda saat jam makan membuat kekosongan pada perut sehingga penyakit lambung akan menyerang.

2. Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Memilih jenis makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan. Makanan yang dianjurkan bagi penderita maag adalah makanan yang bertekstur lunak, makanan yang diolah dengan cara direbut Berikut jenis makanan yang dapat dikonsumsi:

Sayur-sayuran. Sayuran merupakan makanan yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung, karena sayuran memiliki kandungan rendah lemak dan rendah gula sehingga bahan makanan ini aman dimakan untuk penderita asam lambung. Berikut adalah beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi seperti brokoli, kembang kol, asparagus atau sayuran yang memiliki daun hijau

Nasi Merah. Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks. Nasi merah ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah melancarkan pencernaan

Buah buahan. Buah buahan yang dapat di konsumsi pada penderita asam lambung adalah salah satunya pisang. Karena pisang dapat mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Asam lambung akan mengalami peningkatan disaat makanan pada usus mengalami penumpukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan