Mohon tunggu...
nutriflakes
nutriflakes Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sereal asam lambung

Nutriflakes merupakan produk makanan sehat (super food) berbentuk bubur sereal yang memiliki manfaat untuk penyebuhan asam lambung, pencernaan, antivirus, antiinflamasi, meningkatkan antibody, mengontrol kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pola Kebiasaan yang Patut Dihindari bagi Penderita Asam Lambung

13 September 2021   14:15 Diperbarui: 13 September 2021   14:18 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesehatan lambung merupakan Kesehatan yang harus di perhatikan pada manusia,namun manusia terkadang tidak memperhatikan Kesehatan pada lambungnya, tetapi terkadang manusia tersebut mengetahui dan merasakan sakit pada lambungnya tetapi Sebagian besar tidak tau penyakit apa yang diderita dan bagaimana cara pengobatannya.

Penyakit asam lambung  merupakan penyakit yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan ini membuat saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung mengalami iritasi. Asam lambung yang naik dan meningkat mengakibatkan dampak seperti sakit, mulas dan perih pada perut serta perasaan terbakar pada ulu hati Masalah lambung ini juga disebut dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Gerd biasa juga dikenal dengan penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung ini merupakan penyakit umum yang disebabkan karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung (LeMone, 2016).

Penderita asam lambung dapat di obati dan dicegah untuk kambuh dengan pola kebiasaan yang patut dihindari. Bagaimanakah pola kebiasaan yang patut dihindari bagi penderita asam lambung?

Berikut adalah beberapa pola kebiasaan yang patut dihindari bagi penderita asam lambung adalah perbaiki pola makan. Salah satu penyebab asam lambung meningkat di karenakan pola makan yang kurang baik, apabila kebiasaan ini berlangsung dengan terus menerus dapat mengakibatkan asam lambung akan meningkat dan dapat mengiritasi dinding mukosa lambung sehingga menyebabkan penyakit asam lambung.

Dalam penelitian Sulastri (2012) jumlah dan frekuensi makan perlu di perhatikan untuk meringankan pekerjaan saluran pencernaan dimana sebaiknya makan tiga kali sehari dalam porsi kecil.Jenis makanan merangsang perlu diperhatikan agar tidak merusak lapisan mukosa lambung.

Pola makan yang tidak baik juga akan memperparah penyakit lambung yang anda derita dan akan menimbulkan kekambuhan pada penderita asam lambung.

Hindari makanan yang mengandung protein dan lemak yang tinggi pada menu sehari hari. Makanan yang mengandung protein dan lemak  yang tinggi dapat memicu tingginya sekresi asam lambung. Perlu diketahui lambung akan tenang ketika diberikan karbohidrat dan glukosa dalam jumlah yang cukup.

Hindari makanan pedas dan mengkonsumsi kopi makanan pedas dapat merangsang organ pencernaan  dan dapat menimbulkan iritasi pada mukosa lambung. Kopi yang mengandung kafein  dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Cegah asam lambung anda dengan menerapkan pola yang dianjurkan dan konsumsi makanan yang mengandung bahan yang membuat asam lambung anda tidak kambuh. Konsumsi sereal asam lambung kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam umbi garut dapat berefek cepat dalam menenagkan lambung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan