Mohon tunggu...
Demianus Nahaklay
Demianus Nahaklay Mohon Tunggu... Dosen - Announcer

Menjadi seorang penyiar radio adalah tugas yang mulia. Melalui radio dapat mengedukasi, membangun persahabatan, memberi solusi atas masalah-masalah di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Pentingnya Akreditasi Program Studi

15 Januari 2024   14:21 Diperbarui: 17 Januari 2024   06:58 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Pentingnya Akreditasi Program Studi" (pexels.com)

Banyak sekolah tinggi berdiri dimana-mana, bahkan banyak yang tanpa mengejar kualitas dengan cara mengikuti peraturan pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan yakni diakreditasi. Masih banyak hanya kejar menyandang gelar sarjana tanpa mengikuti kaidah pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Beberapa hari saya jedah menayangkan artikel di kompasiana. Hal ini terjadi oleh karena beberapa kendala yang saya hadapi. Maklum awal tahun merupakan awal beraktivitas.

Dan masih banyak kegiatan yang harus dilaksanakan diawal tahun. Salah satu kesibukan adalah persiapan akreditasi program studi program studi PAK di STT Bethel Ambon. Apa urgensinya program studi diakreditasi?

Pendidikan tinggi memiliki peran sentral dalam membentuk dan mengembangkan sumber daya manusia yang unggul. Dalam upaya mencapai standar kualitas tertinggi, akreditasi program studi menjadi elemen kunci yang tidak dapat diabaikan. 

Tujuan akreditasi program studi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi.

Artikel ini akan menggali betapa pentingnya akreditasi program studi dalam menjamin kualitas pendidikan tinggi.

Definisi Akreditasi Program Studi

Akreditasi program studi adalah proses evaluasi independen yang dilakukan oleh lembaga akreditasi untuk menilai kualitas dan standar suatu program studi di perguruan tinggi.

Proses ini melibatkan penilaian terhadap kurikulum, fasilitas, dosen, mahasiswa, dan sistem evaluasi, serta penjaminan mutu lainnya. 

Dalam menunjang kesuksesan akreditasi, semua unsur didalam sembilan kriteria harus dilengkapi. Bukti dan data fisik yang sebagai lampiran yang harus diperlihatkan kepada tim asesor demikian juga dalam bentuk softcopy. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun